Kamis, 13 Agustus 2020 21:20

Satu Warga Tersengat, Damkar Kabupaten Blitar Evakuasi Tawon Vespa dari Atap Kamar Mandi

Kamis, 05 Desember 2019 18:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Satu Warga Tersengat, Damkar Kabupaten Blitar Evakuasi Tawon Vespa dari Atap Kamar Mandi
Petugas Damkar Kabupaten Blitar saat mengevakuasi sarang tawon ndas atau tawon vespa di atap kamar mandi warga Desa Gledug, Sanankulon, Kabupaten Blitar, Kamis (5/12/2019).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Blitar mengevakuasi sarang tawon ndas atau tawon vespa di atap kamar mandi warga Desa Gledug, Sanankulon, Kabupaten Blitar, Kamis (5/12/2019). Petugas terlihat mengenakan pakaian pelindung lengkap saat mengevakuasi sarang tawon sebesar kepala orang dewasa tersebut.

"Tadi kami menerima telepon dari pemilik rumah untuk mengevakuasi sarang tawon. Pemilik rumah sebenarnya hendak membersihkan sendiri, namun tidak memiliki peralatan lengkap sehingga memanggil kami," terang Kasi Penanggulangan Bencana Kebakaran, Satpol PP Kabupaten Blitar, Tedi Prasojo.

Informasi yang diterima, tawon vespa itu berada di rumah Edi Sunarto (47). Pemilik rumah ternyata juga sudah pernah menjadi korban sengatan tawon tersebut, saat hendak membersihkan sarang tawon.

Awalnya, pemilik rumah menemukan sarang tawon menggantung di belakang rumah. Edi sempat mencoba menghilangkan sarang, namun disengat. Merasa tak mampu, ia lalu memanggil petugas pemadam kebakaran.

Begitu tiba di lokasi, petugas pemadam kebakaran melakukan survei. Kemudian dua orang petugas menggunakan pakaian khusus memanjat tangga yang telah disiapkan sambil membawa sebuah karung.

Dengan cepat, petugas lalu membungkus sarang tawon vespa tersebut dengan karung. Begitu terbungkus, sarang tawon itu lalu dijauhkan dari lokasi. "Kami pastikan tawon ndas tidak mengganggu warga yang lain," tutup Tedi.

Untuk diketahui, tawon jenis ini sebelumnya juga diberitakan mengganggu beberapa daerah provinsi Jawa Tengah. Tawon ndas ini dirasa meresahkan karena menyerang warga di sekitar sarangnya berada. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...