Pembangunan Kilang Minyak di Tuban Bakal Serap 20.000 Tenaga Kerja

Pembangunan Kilang Minyak di Tuban Bakal Serap 20.000 Tenaga Kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi proyek Grassroot Refinery (GRR) Kilang Tuban, Sabtu (30/11).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pembangunan kilang minyak di Tuban telah memasuki tahap early work, yaitu pembersihan lahan sekitar 328 hektare, serta pemulihan lahan abrasi (restorasi) seluas 20 hektare.

Sementara dalam pembangunan tahap awal ini, Pertamina telah menyerap 271 tenaga kerja lokal Tuban.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan, pembangunan kilang di Tuban akan menyerap 35 persen tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Selain itu, bakal menyerap tenaga kerja sebanyak 20.000 saat konstruksi, dan 2.500 saat beroperasi.

Di sisi lain, proyek ini menciptakan multiplier effect lainnya, terutama di daerah sekitar lokasi di Tuban. Termasuk peningkatan pendapatan negara dan daerah, baik dari pajak dan penguatan devisa negara.

"Ya karena mengurangi ketergantungan impor crude dan produk," ungkap Nicke saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi proyek Grassroot Refinery (GRR) Kilang Tuban, Sabtu (30/11).

Ia menjelaskan, setelah penetapan lokasi, Pertamina bergerak cepat untuk menyelesaikan persiapan lahan. Termasuk menjalankan kesepakatan dengan pemerintah daerah dan masyarakat, di antaranya penyiapan tenaga kerja lokal.

"Pertamina pro aktif membangun kemampuan dan keahlian tenaga kerja lokal. Selain telah menyerap 271 pekerja lokal, saat ini Pertamina juga telah memberikan beasiswa kepada 21 orang lulusan terbaik SMA/SMK di wilayah sekitar untuk melanjutkan kuliah di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu," terangnya.

Pertamina berharap, nantinya para siswa tersebut bisa memiliki keahlian khusus (skilled) agar bisa bergabung di Proyek Kilang Tuban. Baik menjadi tulang punggung pada saat pembangunan, maupun operasional kilang nanti. Melalui hal tersebut, Pertamina sekaligus mematahkan stigma bahwa putra daerah yang direkrut ke sebuah industri adalah tenaga kerja non-skilled.

Kilang Minyak di Tuban merupakan salah satu kilang tercanggih di dunia yang memiliki kapasitas pengolahan sebesar 300 ribu barel per hari yang akan menghasilkan 30 juta liter BBM per hari untuk jenis gasoline dan diesel. Selain itu, Kilang Tuban juga akan menghasilkan 4 juta liter avtur per hari serta produksi petrokimia sebesar 4.25 juta ton per tahun.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO