Sabtu, 15 Mei 2021 15:35

Resmi Jadi Tersangka, Pembalap Liar Penabrak Penonton Ditahan Satlantas Polresta Sidoarjo

Jumat, 15 November 2019 23:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Resmi Jadi Tersangka, Pembalap Liar Penabrak Penonton Ditahan Satlantas Polresta Sidoarjo
Aditya Rifky L alias Adi Ucil saat digelandang petugas Satlantas Polresta Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Aditya Rifky L alias Adi Ucil (22) resmi menjadi tersangka. Warga asal Gempol Bulusari, Pasuruan itu juga harus meringkuk di dalam penjara setelah resmi ditahan oleh Satlantas Polresta Sidoarjo. 

Adi Ucil adalah joki dalam balapan liar yang menutup jalan raya Trosobo dan menabrak penonton yang videonya sempat viral di berbagai media sosial.

"Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, yang bersangkutan resmi ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat pasal 311 ayat 3 dan atau 311 ayat 4 Undang-undang lalu lintas. Ancaman hukumannya maksimal 10 tahun," ungkap Kasatlantas Polresta Sidoarjo AKP Eko Iskandar, Jumat (15/11).

Setelah jadi tersangka, Adi Ucil juga langsung ditahan oleh petugas. "Ya, dia ditahan. Selain untuk memudahkan proses lanjutan atas penanganan perkara ini, juga untuk pengembangan perkaranya," lanjut Eko.

BACA JUGA : 

Polsek Balongbendo Berhasil Amankan Ratusan Ribu Pil Dobel L

​Dikira Petasan, Penembakan Misterius di Waru Sidoarjo Lubangi Tembok hingga Tembus Motor

Tabrak Truk, Pengendara Sepeda Motor Meninggal di Sidorejo Krian Sidoarjo

1 Ekor Musang yang Sering Berkeliaran di Perum Pondok Candra Sidoarjo Tertangkap, 3 Masih Buron

Sepeda motor yang dipakai Adi Ucil untuk balapan yang sempat menabrak penonton juga sudah diamankan polisi. Motor itu disita oleh petugas sejak Kamis (14/11) petang.

Selain masalah balap liar, polisi sedang mendalami unsur pidana dalam perkara ini. Termasuk perjudian yang ada dalam aksi balapan itu. Tentang penyelidikan kasus per bulannya, Satlantas juga bekerja sama dengan Satreskrim Polresta Sidoarjo.

"Semoga dalam waktu dekat semua bisa terungkap. Supaya aksi-aksi balapan liar dan perjudiannya yang banyak meresahkan masyarakat itu tidak terjadi lagi di Sidoarjo," imbuh mantan Kasatlantas Polres Pasuruan ini.

Di sisi lain, petugas juga bersiap menggelar operasi besar-besaran terhadap aksi balap liar. Bahkan, bengkel-bengkel yang disinyalir terlibat dalam aksi balap liar akan ikut dirazia oleh petugas kepolisian.

Balap liar yang sedang viral itu terjadi di Jalan Raya Gilang, depan SPBU Gilang, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Kamis (14/11) pukul 05.00 WIB. Saat mereka beraksi, jalan raya ditutup dan semua kendaraan yang melintas distop.

Sejatinya, balapan antara kelompok dari Mojokerto dan Sidoarjo itu dijadwalkan Rabu malam pukul 23.00 WIB. Tapi karena terendus polisi, banyak operasi, sehingga kucing-kucingan, dan baru terlaksana pagi hari.

Siangnya, video balapan itu viral. Ada seorang penonton tertabrak. Diketahui bernama Alessandro Rizky A, remaja kelahiran 2001 asal Wonorejo Indah Timur, Surabaya. Dia mengalami patah kaki dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Melihat video yang sedang viral, polisi kemudian mendatangi lokasi. Beberapa warga mengiyakan, video yang beredar itu benar adanya. Polisi pun mulai melakukan penyelidikan.

Berbekal keterangan beberapa warga dan file video itu, polisi mengantongi identitas joki balap liar tersebut. Adi Ucil dijemput langsung oleh Kasatlantas di rumahnya di Gempolsari, Pasuruan.

Sempat mengelak, tapi Ucil akhirnya pasrah ketika harus digelandang ke Polresta Sidoarjo. Dia kemudian mengakui semua perbuatannya. Termasuk mendapat fee 10 persen dari total taruhan balap liar.

Yang mengagetkan, Ucil juga pembalap profesional. Dia gabung sebuah klub dan kerap main di kejuaraan balapan resmi Drag Race. Bahkan terakhir di Kediri, dia sempat mengangkat beberapa piala.

"Saya cuma diajak pak, ikut-ikutan saja. Sebenarnya pendapatan dari balapan resmi juga lebih banyak. Kontrak saya sekitar Rp 20 juta sampai Rp 25 juta," akuinya di sela menjalani pemeriksaan polisi.

Beberapa bagian di dua tangan dan kaki Ucil terlihat masih diperban. Itu karena dirinya juga sempat terjatuh saat menjadi joki balap liar menutup jalan raya Trosobo tersebut.

Tapi itu hanya luka ringan. Yang berat baginya tentu tidak lagi bisa tampil di kejuaraan resmi yang bakal ada di Surabaya, serta harus menjadi tersangka dan ditahan di Polresta Sidoarjo. (cat/ian)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...