Senin, 09 Desember 2019 04:17

Resmi Jadi Tersangka, Pembalap Liar Penabrak Penonton Ditahan Satlantas Polresta Sidoarjo

Jumat, 15 November 2019 23:27 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Resmi Jadi Tersangka, Pembalap Liar Penabrak Penonton Ditahan Satlantas Polresta Sidoarjo
Aditya Rifky L alias Adi Ucil saat digelandang petugas Satlantas Polresta Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Aditya Rifky L alias Adi Ucil (22) resmi menjadi tersangka. Warga asal Gempol Bulusari, Pasuruan itu juga harus meringkuk di dalam penjara setelah resmi ditahan oleh Satlantas Polresta Sidoarjo. 

Adi Ucil adalah joki dalam balapan liar yang menutup jalan raya Trosobo dan menabrak penonton yang videonya sempat viral di berbagai media sosial.

"Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, yang bersangkutan resmi ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat pasal 311 ayat 3 dan atau 311 ayat 4 Undang-undang lalu lintas. Ancaman hukumannya maksimal 10 tahun," ungkap Kasatlantas Polresta Sidoarjo AKP Eko Iskandar, Jumat (15/11).

Setelah jadi tersangka, Adi Ucil juga langsung ditahan oleh petugas. "Ya, dia ditahan. Selain untuk memudahkan proses lanjutan atas penanganan perkara ini, juga untuk pengembangan perkaranya," lanjut Eko.

Sepeda motor yang dipakai Adi Ucil untuk balapan yang sempat menabrak penonton juga sudah diamankan polisi. Motor itu disita oleh petugas sejak Kamis (14/11) petang.

Selain masalah balap liar, polisi sedang mendalami unsur pidana dalam perkara ini. Termasuk perjudian yang ada dalam aksi balapan itu. Tentang penyelidikan kasus per bulannya, Satlantas juga bekerja sama dengan Satreskrim Polresta Sidoarjo.

"Semoga dalam waktu dekat semua bisa terungkap. Supaya aksi-aksi balapan liar dan perjudiannya yang banyak meresahkan masyarakat itu tidak terjadi lagi di Sidoarjo," imbuh mantan Kasatlantas Polres Pasuruan ini.

Di sisi lain, petugas juga bersiap menggelar operasi besar-besaran terhadap aksi balap liar. Bahkan, bengkel-bengkel yang disinyalir terlibat dalam aksi balap liar akan ikut dirazia oleh petugas kepolisian.

Balap liar yang sedang viral itu terjadi di Jalan Raya Gilang, depan SPBU Gilang, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Kamis (14/11) pukul 05.00 WIB. Saat mereka beraksi, jalan raya ditutup dan semua kendaraan yang melintas distop.

Sejatinya, balapan antara kelompok dari Mojokerto dan Sidoarjo itu dijadwalkan Rabu malam pukul 23.00 WIB. Tapi karena terendus polisi, banyak operasi, sehingga kucing-kucingan, dan baru terlaksana pagi hari.

Siangnya, video balapan itu viral. Ada seorang penonton tertabrak. Diketahui bernama Alessandro Rizky A, remaja kelahiran 2001 asal Wonorejo Indah Timur, Surabaya. Dia mengalami patah kaki dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Melihat video yang sedang viral, polisi kemudian mendatangi lokasi. Beberapa warga mengiyakan, video yang beredar itu benar adanya. Polisi pun mulai melakukan penyelidikan.

Berbekal keterangan beberapa warga dan file video itu, polisi mengantongi identitas joki balap liar tersebut. Adi Ucil dijemput langsung oleh Kasatlantas di rumahnya di Gempolsari, Pasuruan.

Sempat mengelak, tapi Ucil akhirnya pasrah ketika harus digelandang ke Polresta Sidoarjo. Dia kemudian mengakui semua perbuatannya. Termasuk mendapat fee 10 persen dari total taruhan balap liar.

Yang mengagetkan, Ucil juga pembalap profesional. Dia gabung sebuah klub dan kerap main di kejuaraan balapan resmi Drag Race. Bahkan terakhir di Kediri, dia sempat mengangkat beberapa piala.

"Saya cuma diajak pak, ikut-ikutan saja. Sebenarnya pendapatan dari balapan resmi juga lebih banyak. Kontrak saya sekitar Rp 20 juta sampai Rp 25 juta," akuinya di sela menjalani pemeriksaan polisi.

Beberapa bagian di dua tangan dan kaki Ucil terlihat masih diperban. Itu karena dirinya juga sempat terjatuh saat menjadi joki balap liar menutup jalan raya Trosobo tersebut.

Tapi itu hanya luka ringan. Yang berat baginya tentu tidak lagi bisa tampil di kejuaraan resmi yang bakal ada di Surabaya, serta harus menjadi tersangka dan ditahan di Polresta Sidoarjo. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...