Banyak Rumah Retak, Wabup Lumajang Imbau Warga Waspada Gempa Susulan

Banyak Rumah Retak, Wabup Lumajang Imbau Warga Waspada Gempa Susulan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat turun ke lokasi terdampak gempa tektonik.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Gempa Tektonik lokal yang terjadi pada Rabu (13/11) lalu di sekitaran kaki Gunung Lemongan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten . Sebab, ada belasan rumah warga mengalami retak di bagian lantai dan dinding.

Wakil Bupati , Ir. Indah Amperawati, saat turun lokasi dampak di Desa Sumberpetung, Kecamatan Ranuyoso, mengatakan pemerintah telah memberikan imbauan kepada masyarakat lebih waspada. Pemerintah juga menyediakan tenda darurat untuk pengungsian, mengingat hari ini menurut masyarakat setempat telah terjadi empat kali susulan.

"Kita siapkan tenda pengungsian agar masyarakat terutama anak-anak bisa tidur di tenda, Pak Camat dan Pak Susanto Vulkanologi juga siap siaga di lokasi," ujarnya, Jumat (15/11).

Dari data BPBD Kabupaten tercatat ada 12 rumah yang terkena dampak berupa retakan pada lantai maupun dinding rumah warga.

Melalui BPBD Kabupaten , pemerintah juga memberikan bantuan berupa selimut, makanan siap saji dan air mineral serta kebutuhan lainnya.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lemongan, Susanto menjelaskan bahwa terjadinya tersebut merupakan akibat cesar tektonik yang aktif kembali. Hal itu merupakan rentetan tahun 2012 lalu. (ron/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Duel Maut Dengan Kades Sukosari, Perangkat Desa Jatiroto tersabet Celurit Hingga Usus Keluar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO