Kunker ke Afrika Selatan, Risma Siapkan Dua Poin Penting Ini

Kunker ke Afrika Selatan, Risma Siapkan Dua Poin Penting Ini Wali Kota Risma saat jumpa pers di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam, Senin (11/11) sore. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya akan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke luar negeri, yakni Duban Afrika Selatan, selama tiga hari pada 13-15 November 2019 mendatang. Kunker kali ini dalam rangka mengikuti rangkaian acara Kongres UCLG World tahun 2019.

Risma mengatakan, ada dua poin tujuan utama yang sudah ia siapkan sebelum berangkat ke Duban Afrika. Poin pertama adalah menyiapkan usulan nama kandidat untuk menjadi wakil presiden UCLG world berikutnya. Usulan tersebut, jatuh pada Wali Kota Xi’an dari negara China.

“Jadi saya kan Presiden UCLG (Presiden United Cities and Local Government) wilayah Aspac (Asia Pasific). Nah usulan saya adalah Wali Kota Xi'an dari China jadi Wakil Presiden UCLG World,” katanya saat jumpa pers di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam, Senin (11/11) sore.

Selain itu, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga mengungkapkan, tujuan berikutnya adalah menyampaikan permintaan dalam forum tersebut, bahwa Kota Daejeon, Korea Selatan, berharap dapat menjadi tuan rumah dalam acara UCLG tahun 2020 mendatang.

Menurutnya, forum UCLG ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah dari berbagai belahan dunia. Sebab, UCLG ini memiliki akses langsung kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Di mana setiap pemerintah lokal atau daerah harus menyampaikan aspirasinya di pemerintah pusat terlebih dahulu.

“Kan logikanya tidak mungkinkan kalau pemerintah daerah (local government) perantaranya harus ke pusat dulu. Baru setelah itu, pusat lah yang menyampaikannya ke PBB. Kami punya akses sekarang dan sudah didengar langsung oleh PBB,” katanya.

Oleh sebab itu, bagi dia, isu-isu yang ada di Pemkot Surabaya dapat terwakili. Ia mencontohkan, isu yang sedang dalam pembahasan dunia adalah dampak dari global warming.

“Jadi contohnya sekarang ini yang sedang dipikirkan adalah tentang impact global warming. Terlebih berbagai kota di Aspac (Asia Pasific, red) yang paling banyak kena impact dari dampak global warming,” jelasnya.

Tak hanya sekadar kunjungan kerja, Risma juga bakal menjadi pembicara di salah satu forum, karena lainnya adalah bersifat rapat. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO