Kamis, 13 Agustus 2020 03:59

Kunker ke Afrika Selatan, Risma Siapkan Dua Poin Penting Ini

Senin, 11 November 2019 23:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Kunker ke Afrika Selatan, Risma Siapkan Dua Poin Penting Ini
Wali Kota Risma saat jumpa pers di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam, Senin (11/11) sore. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke luar negeri, yakni Duban Afrika Selatan, selama tiga hari pada 13-15 November 2019 mendatang. Kunker kali ini dalam rangka mengikuti rangkaian acara Kongres UCLG World tahun 2019.

Risma mengatakan, ada dua poin tujuan utama yang sudah ia siapkan sebelum berangkat ke Duban Afrika. Poin pertama adalah menyiapkan usulan nama kandidat untuk menjadi wakil presiden UCLG world berikutnya. Usulan tersebut, jatuh pada Wali Kota Xi’an dari negara China.

“Jadi saya kan Presiden UCLG (Presiden United Cities and Local Government) wilayah Aspac (Asia Pasific). Nah usulan saya adalah Wali Kota Xi'an dari China jadi Wakil Presiden UCLG World,” katanya saat jumpa pers di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam, Senin (11/11) sore.

Selain itu, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini juga mengungkapkan, tujuan berikutnya adalah menyampaikan permintaan dalam forum tersebut, bahwa Kota Daejeon, Korea Selatan, berharap dapat menjadi tuan rumah dalam acara UCLG tahun 2020 mendatang.

Menurutnya, forum UCLG ini sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah dari berbagai belahan dunia. Sebab, UCLG ini memiliki akses langsung kepada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Di mana setiap pemerintah lokal atau daerah harus menyampaikan aspirasinya di pemerintah pusat terlebih dahulu.

“Kan logikanya tidak mungkinkan kalau pemerintah daerah (local government) perantaranya harus ke pusat dulu. Baru setelah itu, pusat lah yang menyampaikannya ke PBB. Kami punya akses sekarang dan sudah didengar langsung oleh PBB,” katanya.

Oleh sebab itu, bagi dia, isu-isu yang ada di Pemkot Surabaya dapat terwakili. Ia mencontohkan, isu yang sedang dalam pembahasan dunia adalah dampak dari global warming.

“Jadi contohnya sekarang ini yang sedang dipikirkan adalah tentang impact global warming. Terlebih berbagai kota di Aspac (Asia Pasific, red) yang paling banyak kena impact dari dampak global warming,” jelasnya.

Tak hanya sekadar kunjungan kerja, Risma juga bakal menjadi pembicara di salah satu forum, karena lainnya adalah bersifat rapat. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...