Bupati Blitar Sambut Kedatangan Tim Penilaian Pokmaswas di Badher Bank Binangun

Bupati Blitar Sambut Kedatangan Tim Penilaian Pokmaswas di Badher Bank Binangun Tim Penilaian Pokmaswas Teladan Tingkat Nasional saat berada di Area Konservasi Badher Bank di Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar Rijanto menyambut kedatangan tim penilaian kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) teladan tingkat nasional di Area Konservasi Badher Bank di Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun, Kamis (07/11/2019) siang.

Dalam sambutannya, Bupati memberikan apresiasi Pokmaswas Bengawan Desa Rawangrejo yang telah menjaga kelestarian alam dengan baik. Terutama dalam menjaga kebersihan di sekitar sungai Brantas. Ia berharap, dengan adanya penilaian ini bisa memberikan contoh yang baik bagi masyarakat lainnya untuk ikut secara aktif menjaga kelestarian alam.

"Pokmaswas ini dibentuk berperan untuk membantu pemerintah dalam hal pengawasan sumberdaya perikanan dari kegiatan menangkap ikan yang tidak ramah lingkungan. Seperti menyetrum ikan, diracun, maupun menggunakan bom ikan. Mereka menjaga kelestarian ikan di sungai Brantas yang saat ini kita sebut sebagai Badher Bank. Berkat kegigihan Pokmaswas Fajar Bengawan ini, saat ini Badher Bank juga menjadi salah satu tujuan wisata," ungkap Rijanto.

Pada kesempatan itu, hadir pula Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim Mohamad Gunawan Saleh. Pokmaswas memang berada menjadi wewenang provinsi, namun Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Blitar tetap melakukan pendampingan dalam kegiatan sehari-hari bersama Penyuluh Bantu Perikanan (PBP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ditugaskan di Kabupaten Blitar.

"Jadi Pokmaswas ini adalah sebuah bentuk sinergi pemberdayaan masyarakat desa, antara Pemerintah Desa, Pemkab Blitar, Pemprov Jatim dan pemerintah pusat," imbuhnya.

Bupati menambahkan, Pokmaswas Fajar Bengawan sejauh ini telah melakukan tugas yang cukup baik. Baik secara administratif maupun operasional di lapangan. Ke depan pihaknya berharap Pokmaswas Fajar Bengawan semakin baik dalam menjaga kelestarian lingkungan. (adv/humas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO