Percepat Pemberkasan Perkara, Kejari Bangkalan Launching E-ICJS

Percepat Pemberkasan Perkara, Kejari Bangkalan Launching E-ICJS Kepala Kejari Bangkalan Badrut Tamam bersama Kapolres Rama S. Putra, Wakil Ketua PN M. Baginda Rajoko Harahap, serta Pradana Kasubsi Tahanan Rutan Klas II B Bangkalan menandatangani nota kesepahaman di Kantor Kejari Bangkalan, Kamis (31/10/2019).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mempercepat proses administrasi berkas penangan perkara, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan melaunching electronic integrated criminal justice system (E-ICJS) di Kantor , Kamis (31/10/2019).

Menurut Kepala Badrut Tamam, dengan E-ICJS perkara penyelidikan bisa diproses mulai dengan sistem IT. "Dengan sistem ini, dapat diatur bagaimana penegakan hukum berjalan dengan cepat, mudah, berbiaya rendah, serta trasparan," Kata

Launching E-ICJS ini merupakan langkah terobosan dalam perkara pidana umum menggunakan sistem IT. Sistem E-ICJS juga sebagai Implementasi hak-hak terdakwa atau tersangka, agar cepat penanganannya dan segera mendapatkan kepastian hukum.

"Dengan diterapkan E-ICJS tidak ada lagi penangan perkara yang molor lagi, karena semuanya sudah berbasis IT. Mulai dari surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) sampai pada putusan," kata Badrut Tamam.

E-ICJS juga menyinergikan antara Polres, Pengadilan Negeri, dan Rumah Tahanan, sehingga dalam penanganan perkara cepat dan tepat. Bahkan dalam aplikasi ini ada fasilitas video call konsultasi.

"Jika ada hal kekurangan dalam perkara tersebut, bisa langsung dikonsultasikan saat itu, termasuk mulai dari penyidikan. Sehingga penyidik dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) bisa langsung berdiskusi, dalam rangka kelancaran dalam tindak pidana perkara," pungkasnya.

Sementara Kapolres Bangkalan AKBP Rama S. Putra mendukung penerapan program E-ICJS. Menurutnya, dengan sistem ini penegakan hukum dapat dilakukan dengan cepat, terkoordinasi, cepat, murah, dan efisien.

"Polres Bangkalan sudah siap menjalakan nota kesepahaman ini, karena baik dari IT dan jajaran di Polres Bangkalan sudah siap untuk menjalakan program ini," tuturnya.

Penandatangan nota kesepahaman ini dihadiri juga dihadiri Wakil Ketua Pengadilan Negeri M. Baginda Rajoko Harahap dan Kepala Rumah Tahanan Klas II B Bangkalan yang diwakili Pradana Kasubsi Tahanan. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO