Kamis, 27 Februari 2020 02:22

Tabrak 2 Pelajar Hingga Tewas di Semambung Sidoarjo, Terdakwa Akui Khilaf dan Minta Maaf

Rabu, 30 Oktober 2019 19:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Tabrak 2 Pelajar Hingga Tewas di Semambung Sidoarjo, Terdakwa Akui Khilaf dan Minta Maaf
Prayitno, terdakwa kecelakaan saat menjalani sidang.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Prayitno, terdakwa kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Jalan Raya Semambung, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo hingga mengakibatkan dua pengendara motor yang masih pelajar tewas, yaitu DR (14) dan NAM (14), menjalani sidang. Di hadapan majelis hakim, Prayitno akhirnya mengaku khilaf.

Dalam keterangannya, terdakwa yang kini berusia 35 tahun itu menceritakan bahwa kejadian kecelakaan itu pada Senin (8/7/2019) sekitar pukul 19.30 WIB, berada di Jalan Raya Semambung, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo.

Ketika itu, terdakwa yang mengemudikan truk nopol W 9517 L melintas dari arah Krian menuju Sidoarjo. Kamun ketika di lokasi kecelakaan, truk yang dikemudikan terdakwa berusaha menyalip kendaraan di depannya, tepatnya dari sisi kanan.

Namun, dalam waktu bersamaan, dua korban yang berboncengan yang mengendarai motor Vario nopol W 3116 WD tanpa menggunakan helm melaju dari arah yang berlawanan, sehingga tertabrak dan jatuh seketika.

"Saya kaget ketika ada motor dari arah berlawanan itu, kemudian saya tidak kuasai kendali karena saya sedang nyalip, hingga akhirnya terjadi kecelakaan, korban tertabrak truk saya," jelas terdakwa di hadapan majelis hakim yang diketuai Vincentius Banar.

Prayitno mengakui, bahwa dirinya khilaf atas kejadian itu. Ia pun tidak ada keinginan terjadi kecelakaan, apalagi sampai menghilangkan nyawa orang lain. "Saya sudah meminta maaf kepada masing-masing keluarga korban dan dimaafkan," cetusnya.

Sementara, penasihat hukum terdakwa Indra Bayu menambahkan bahwa kasus laka lantas itu sudah ada permohonan maaf dari keluarga korban.

"Mungkin ini nanti yang menjadi pertimbangan karena ada permohonan maaf dari keluarga korban," terangnya. Bahkan, sambung dia, pihaknya juga sudah memberikan santunan kepada keluarga korban, Rabu (30/10/2019).

"Semua juga dilakukan oleh klien kami (terdakwa). Itu ada surat tertulis dari keluarga korban bahwa semua sudah mengikhlaskan dan tidak menuntut. Terpenting dalam perkara ini siapa sih yang mau kena musibah, dalam hal ini kecelakaan. Kan semua tidak mau," urainya.

Meski demikian, atas kelalaian tersebut terdakwa didakwa sebagaimana diatur dan diancam dalam pasal 310 ayat (4) UU RI No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan atau diatur dan diancam dalam pasal 310 ayat (3) UU RI No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Untuk agenda sidang pekan depan kami melakukan tuntutan," pungkas Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Sidoarjo Novita Maharani. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...