Rabu, 28 Oktober 2020 23:42

Pakai Alsintan Bisa Tekan Biaya 60% dan Pangkas Waktu 90%, Mentan Optimis Indonesia Jaya

Kamis, 10 Oktober 2019 22:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Pakai Alsintan Bisa Tekan Biaya 60% dan Pangkas Waktu 90%, Mentan Optimis Indonesia Jaya
Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mendampingi Mentan Amran Sulaiman saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kediri dalam acara Modernisasi Pertanian Indonenesia.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kediri dalam acara Modernisasi Pertanian Indonenesia. Acara tersebut digelar di lahan pertanian Desa Jabon, Kecamatan Banyakan, Kab. Kediri, Rabu (9/10).

Sebelum acara dimulai, rombongan yang terdiri dari jajaran Kementerian Pertanian RI dan Forkopimda Kab. Kediri melihat teknologi pertanian modern yang terdiri dari drone penyebar benih, pupuk, pestisida, serta transplanter, dan pompa air.

Menteri Amran mengatakan, drone penyebar pupuk, penyebar benih dan penyebar pestisida ini akan menggugah minat para generasi muda untuk terjun di bidang pertanian. Teknologi canggih digunakan karena saat ini dilakukan transformasi dari pertanian tradisional ke pertanian modern.

"Apa manfaatnya? Pertama, efisien. Biasanya saat tanam membutuhkan 20 orang untuk 1 hektare, sedangkan panen kita butuh waktu 20 hari. Jika menggunakan teknologi ini, dengan luas yang sama hanya butuh waktu 3-5 jam. Jadi kita bisa memangkas waktu sampai 90% dan biaya bisa ditekan hingga 60%. Dengan teknologi ini kita akan mampu bersaing dengan negara-negara lain yang lebih maju,” kata Mentan.

Menteri Amran menambahkan, jika pertanian modern sudah diterapkan, 5-10 tahun ke depan Indonesia sejajar dengan negara maju lainnya. 

(Mentan Amran Sulaiman saat mencoba mengoperasikan salah satu alsintan)

”Alhamdulillah pemuda tani yang turun ke sawah mencapai 500 ribu orang termasuk Gempita (Gerakan Pemuda Tani Indonesia). Hasilnya, saat ini ekspor kita bisa naik 90 juta ton. Dengan menggunakan alat canggih pasti hasil pertanian kita juga akan meningkat sampai 3 kali lipat,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan hasil pertanian, pemanfaatan anggaran harus fokus kepada pertanian rakyat. Kementerian Pertanian pun berupaya keras memberikan alsintan (Alat Mesin Pertanian) kepada para petani.

“Kalau petani berproduksi, negara ini kuat dan jaya. Ketahanan negara identik dengan ketahanan pangan. Jika pangan rapuh negara bisa berbahaya. Kita merangkul semua pihak mulai dari TNI, Polri dan pemerintah untuk menjalankan dan meningkatkan sektor pertanian kita,” tegas Mentan.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengucapkan terima kasih kepada Menteri Amran Sulaiman yang telah memberikan bantuan alsintan, di antaranya drone, hand traktor dan pompa air. Alsintan tersebut akan segera dimanfaatkan untuk peningkatan pertanian.

“Alhamdulilah akan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan inovasi teknologi ini, kami berharap pertanian di Kabupaten Kediri maju dan berkembang,” pungkas Bupati. (adv/kominfo/rif)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...