Senin, 21 Oktober 2019 00:32

Pakai Alsintan Bisa Tekan Biaya 60% dan Pangkas Waktu 90%, Mentan Optimis Indonesia Jaya

Kamis, 10 Oktober 2019 22:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Pakai Alsintan Bisa Tekan Biaya 60% dan Pangkas Waktu 90%, Mentan Optimis Indonesia Jaya
Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mendampingi Mentan Amran Sulaiman saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kediri dalam acara Modernisasi Pertanian Indonenesia.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kediri dalam acara Modernisasi Pertanian Indonenesia. Acara tersebut digelar di lahan pertanian Desa Jabon, Kecamatan Banyakan, Kab. Kediri, Rabu (9/10).

Sebelum acara dimulai, rombongan yang terdiri dari jajaran Kementerian Pertanian RI dan Forkopimda Kab. Kediri melihat teknologi pertanian modern yang terdiri dari drone penyebar benih, pupuk, pestisida, serta transplanter, dan pompa air.

Menteri Amran mengatakan, drone penyebar pupuk, penyebar benih dan penyebar pestisida ini akan menggugah minat para generasi muda untuk terjun di bidang pertanian. Teknologi canggih digunakan karena saat ini dilakukan transformasi dari pertanian tradisional ke pertanian modern.

"Apa manfaatnya? Pertama, efisien. Biasanya saat tanam membutuhkan 20 orang untuk 1 hektare, sedangkan panen kita butuh waktu 20 hari. Jika menggunakan teknologi ini, dengan luas yang sama hanya butuh waktu 3-5 jam. Jadi kita bisa memangkas waktu sampai 90% dan biaya bisa ditekan hingga 60%. Dengan teknologi ini kita akan mampu bersaing dengan negara-negara lain yang lebih maju,” kata Mentan.

Menteri Amran menambahkan, jika pertanian modern sudah diterapkan, 5-10 tahun ke depan Indonesia sejajar dengan negara maju lainnya. 

(Mentan Amran Sulaiman saat mencoba mengoperasikan salah satu alsintan)

”Alhamdulillah pemuda tani yang turun ke sawah mencapai 500 ribu orang termasuk Gempita (Gerakan Pemuda Tani Indonesia). Hasilnya, saat ini ekspor kita bisa naik 90 juta ton. Dengan menggunakan alat canggih pasti hasil pertanian kita juga akan meningkat sampai 3 kali lipat,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan hasil pertanian, pemanfaatan anggaran harus fokus kepada pertanian rakyat. Kementerian Pertanian pun berupaya keras memberikan alsintan (Alat Mesin Pertanian) kepada para petani.

“Kalau petani berproduksi, negara ini kuat dan jaya. Ketahanan negara identik dengan ketahanan pangan. Jika pangan rapuh negara bisa berbahaya. Kita merangkul semua pihak mulai dari TNI, Polri dan pemerintah untuk menjalankan dan meningkatkan sektor pertanian kita,” tegas Mentan.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengucapkan terima kasih kepada Menteri Amran Sulaiman yang telah memberikan bantuan alsintan, di antaranya drone, hand traktor dan pompa air. Alsintan tersebut akan segera dimanfaatkan untuk peningkatan pertanian.

“Alhamdulilah akan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan inovasi teknologi ini, kami berharap pertanian di Kabupaten Kediri maju dan berkembang,” pungkas Bupati. (adv/kominfo/rif)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...