Pakai Alsintan Bisa Tekan Biaya 60% dan Pangkas Waktu 90%, Mentan Optimis Indonesia Jaya

Pakai Alsintan Bisa Tekan Biaya 60% dan Pangkas Waktu 90%, Mentan Optimis Indonesia Jaya Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mendampingi Mentan Amran Sulaiman saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kediri dalam acara Modernisasi Pertanian Indonenesia.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kediri dalam acara Modernisasi Pertanian Indonenesia. Acara tersebut digelar di lahan pertanian Desa Jabon, Kecamatan Banyakan, Kab. Kediri, Rabu (9/10).

Sebelum acara dimulai, rombongan yang terdiri dari jajaran Kementerian Pertanian RI dan Forkopimda Kab. Kediri melihat teknologi pertanian modern yang terdiri dari drone penyebar benih, pupuk, pestisida, serta transplanter, dan pompa air.

Menteri Amran mengatakan, drone penyebar pupuk, penyebar benih dan penyebar pestisida ini akan menggugah minat para generasi muda untuk terjun di bidang pertanian. Teknologi canggih digunakan karena saat ini dilakukan transformasi dari pertanian tradisional ke pertanian modern.

"Apa manfaatnya? Pertama, efisien. Biasanya saat tanam membutuhkan 20 orang untuk 1 hektare, sedangkan panen kita butuh waktu 20 hari. Jika menggunakan teknologi ini, dengan luas yang sama hanya butuh waktu 3-5 jam. Jadi kita bisa memangkas waktu sampai 90% dan biaya bisa ditekan hingga 60%. Dengan teknologi ini kita akan mampu bersaing dengan negara-negara lain yang lebih maju,” kata Mentan.

Menteri Amran menambahkan, jika pertanian modern sudah diterapkan, 5-10 tahun ke depan Indonesia sejajar dengan negara maju lainnya. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO