Tanggul Bengawan Solo di Desa Padang Bandung Ambles

Tanggul Bengawan Solo di Desa Padang Bandung Ambles Kondisi tanggul sungai Bengawan Solo di Desa Padang Bandung, Kecamatan Dukun yang ambles. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tanggul bantaran sungai Bengawan Solo di Desa Padang Bandung, Kecamatan Dukun, ambles, Ahad (29/9). Tanggul untuk menjaga luberan sungai Bengawan Solo pada musim hujan ini ambles sedalam 1,5 meter dengan lebar 3 meter dan panjang kurang lebih 100 meter.

Camat Dukun, Fatah Hadi menduga amblesnya tanggul disebabkan surutnya air sungai Bengawan Solo dampak musim kemarau panjang ini. Kondisi ini menyebabkan permukaan air sangat dalam, sehingga air sumber dari luar sungai, seperti tambak, mengalir ke sungai melalui celah-celah tanah bawah tanggul.

"Kejadian ini mengakibatkan tanggul menjadi rapuh lalu ambles," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Ahad (29/9) malam.

Dikatakan Fatah Hadi, amblesnya tanggul tak menimbulkan korban jiwa maupun harta benda warga. "Akibat amblesnya tanggul, pemerintah belum bisa menaksir kerugiannya," terangnya.

Fatah Hadi mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai Bengawan Solo di wilayah Kecamatan Dukun agar meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya longsor, mengingat sebentar lagi tiba musim hujan. "Langkah antisipatif ini dilakukan lantaran kondisi tanggul yang ada sudah tidak normal," ungkapnya.

Kasus amblesnya tanggul tersebut sudah dilaporkan ke Bupati Sambari Halim Radianto, Wabup Moh. Qosim, dan BPBD . "Hal ini agar cepat diambil tindakan karena sebentar lagi musim hujan, sehingga air Bengawan Solo akan naik," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO