Jadi Pembicara di Forum PBB, Risma Paparkan Transportasi Ramah Iklim

Jadi Pembicara di Forum PBB, Risma Paparkan Transportasi Ramah Iklim Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menjadi pembicara di United Nation (UN) Climate Action Summit yang berlangsung di Markas Besar PBB, UN Headquarter, New York Amerika.

NEW YORK, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi pembicara di United Nation (UN) Climate Action Summit yang berlangsung di Markas Besar PBB, UN Headquarter, New York Amerika. Dalam forum PBB itu, Wali Kota Risma menjadi pembicara bersama Presiden Kenya, dan Presiden Turki.

Dalam forum yang dihadiri kepala negara dari belahan dunia tersebut, Wali Kota Risma adalah satu-satunya kepala daerah yang hadir sebagai pembicara. Dalam forum itu, Presiden UCLG ASPAC itu memaparkan tentang berbagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam menjaga iklim.

“Para delegasi yang terhormat, saya akan berbicara terkait upaya kami (Pemkot Surabaya) dalam menjaga iklim, salah satunya dengan transportasi,” kata Wali Kota Risma saat memulai paparannya.

Menurutnya, transportasi adalah bagian dari pusat kesejahteraan rakyat. Namun, transportasi juga menjadi penyumbang emisi gas rumah kaca sebesar 28 persen. Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik adanya Action towards Climate friendly Transport (ACT) atau Aksi Menuju Transportasi yang Ramah Iklim.

“Makanya, kami mencoba beralih dari transportasi perkotaan yang berpolusi ke angkutan umum dengan meluncurkan bus kota bernama Suroboyo Bus,” papar dia.

Selain diciptakan untuk membantu mengurangi emisi gas rumah kaca, pada saat yang bersamaan, bus ini juga berfungsi sebagai pengelolaan sampah plastik. “Jadi pengelolaan sampahnya adalah penumpang membayar ongkos bus menggunakan botol plastik, dan itu mampu mengurangi sampah botol plastik di kota kami,” ungkapnya.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu juga membangun Park and Ride yang berfungsi memudahkan masyarakat berganti kendaraan. Misalnya dari sepeda motor ke bus, warga dapat menitipkan kendaraannya, bahkan bagi pejalan kaki pun juga disediakan jalur pedestrian yang bersih dan aman.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO