Begini Pesan Risma di Momen Perobekan Bendera Hotel Oranye

Begini Pesan Risma di Momen Perobekan Bendera Hotel Oranye Momen perobekan bendera Belanda (merah-putih-biru) di Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dibuka dengan teatrikal bertajuk Merah Putih, Pemerintah Kota (Pemkot) kembali menggelar peringatan insiden perobekan bendera Belanda (merah-putih-biru), yang terjadi pada 19 September 1945 silam di Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit).

Atraksi teatrikal tersebut menceritakan tentang proses perobekan bendera yang dilakukan arek-arek Suroboyo pada kala itu. Semangat yang membara muncul dari pemeran yang dimainkan lakon per lakon. Suasana seketika tegang dan haru ketika arek-arek Suroboyo berupaya keras merobek bendera warna biru yang menjadi lambang Negara Belanda.

Dengan semangat berapi-api, mereka memanjat tiang tertinggi di Hotel Majapahit dan berusaha secepat mungkin merobek bendera tersebut. Bahkan saat adegan perobekan bendera selesai, para peserta upacara langsung menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama. Dalam adegan itu salah seorang pejuang terkena tembakan setelah berhasil mengibarkan bendera Sang Merah Putih.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tri Rismaharini melalui pidatonya mengobarkan semangat yang berapi-api. Ia mengajak generasi penerus, terutama anak-anak muda untuk tidak berhenti menghargai jasa pahlawan yang membuat bangsa dan kota ini merdeka dari penjajah. Caranya adalah dengan terus berjuang untuk menggapai cita-cita.

“Merah putih adalah telah menyatu dalam tulang arek Suroboyo. Kami arek-arek Suroboyo adalah penerusmu, kami arek-arek Suroboyo adalah pewarismu yang tidak sedikit pun luntur darah dan tidak sedikit pun goyah. Kami adalah petarung yang teguh menjaga Indonesia. Merah Putih, Merdeka.. Merdeka!!!!,” kata Wali Kota Risma dalam pidatonya, Kamis (19/09/2019).

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO