Selasa, 04 Agustus 2020 18:30

​Kedepankan Kesehatan Matra Laut, Stikes Hang Tuah Surabaya Mewisuda 332 Mahasiswa

Rabu, 11 September 2019 21:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
​Kedepankan Kesehatan Matra Laut, Stikes Hang Tuah Surabaya Mewisuda 332 Mahasiswa
Para wisudawan sedang mengikuti prosesi wisuda.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah Surabaya terus kedepankan kesehatan matra laut. Hal itu disampaikan Ketua Stikes Hang Tuah Surabaya, Wiwiek Liestyaningrum S.Kp., M.Kep., sebelum mewisuda 332 mahasiswa di Graha Samudra Bumimoro, Rabu (11/9).

“Ini sesuai dengan visi kami yaitu menjadi sekolah ilmu kesehatan yang mandiri, bermatabat, kompetitif, serta berwawasan kesehatan maritime dan kelautan,” kata Wiwiek.

Untuk mewujudkan visi tersebut, pihaknya menerapkan di beberapa mata kuliah antara lain mata kuliah matra laut. 

Ia menuturkan juga bekerja sama dengan beberapa institusi antara lain Lembaga Kesehatan Kelautan (Lakesla) di bawah wilayah Rumkital Dr Ramlan, Dinas Kesehatan Koarmada II, serta Puspernebal.

“Di dalam praktik tersebut mahasiswa diberikan pembelajaran bagaimana untuk mempersiapkan personil untuk melakukan penyelaman. Jadi di situlah mahasiswa dibekali ilmu hiperberik, dibekali cara evakuasi pasien,” tuturnya.

Selain itu, Wiwiek mengaku pihaknya juga melaksanakan praktek penelitian pengabdian masyarakat di rumah sakit dan puskesmas daerah pesisir. Mulai dari penyuluhan sampai pemberian pelatihan, pendampingan, penelitian.

"Intinya kita melakukan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian di daerah pesisir itu jadi tidak asal, seperti di Kenjeran, Pamekasan,” ungkapnya.

Wisudawan terbaik Dwi Retno Anjar Pratiwi dari prodi profesi dengan IPK 3,98 mengatakan, sebelumnya ia menempuh D3 di sini. Di sini ia mendapatkan banyak ilmu tentang ilmu keperawatan dan ilmu kelautan.

“Saya berharap setelah lulus bisa mengembangkan ilmu keperawatan, bisa membangun masyarakat Indonesia sehat,” ujarnya. (dev/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...