Selasa, 17 September 2019 00:19

​Kedepankan Kesehatan Matra Laut, Stikes Hang Tuah Surabaya Mewisuda 332 Mahasiswa

Rabu, 11 September 2019 21:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
​Kedepankan Kesehatan Matra Laut, Stikes Hang Tuah Surabaya Mewisuda 332 Mahasiswa
Para wisudawan sedang mengikuti prosesi wisuda.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah Surabaya terus kedepankan kesehatan matra laut. Hal itu disampaikan Ketua Stikes Hang Tuah Surabaya, Wiwiek Liestyaningrum S.Kp., M.Kep., sebelum mewisuda 332 mahasiswa di Graha Samudra Bumimoro, Rabu (11/9).

“Ini sesuai dengan visi kami yaitu menjadi sekolah ilmu kesehatan yang mandiri, bermatabat, kompetitif, serta berwawasan kesehatan maritime dan kelautan,” kata Wiwiek.

Untuk mewujudkan visi tersebut, pihaknya menerapkan di beberapa mata kuliah antara lain mata kuliah matra laut. 

Ia menuturkan juga bekerja sama dengan beberapa institusi antara lain Lembaga Kesehatan Kelautan (Lakesla) di bawah wilayah Rumkital Dr Ramlan, Dinas Kesehatan Koarmada II, serta Puspernebal.

“Di dalam praktik tersebut mahasiswa diberikan pembelajaran bagaimana untuk mempersiapkan personil untuk melakukan penyelaman. Jadi di situlah mahasiswa dibekali ilmu hiperberik, dibekali cara evakuasi pasien,” tuturnya.

Selain itu, Wiwiek mengaku pihaknya juga melaksanakan praktek penelitian pengabdian masyarakat di rumah sakit dan puskesmas daerah pesisir. Mulai dari penyuluhan sampai pemberian pelatihan, pendampingan, penelitian.

"Intinya kita melakukan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian di daerah pesisir itu jadi tidak asal, seperti di Kenjeran, Pamekasan,” ungkapnya.

Wisudawan terbaik Dwi Retno Anjar Pratiwi dari prodi profesi dengan IPK 3,98 mengatakan, sebelumnya ia menempuh D3 di sini. Di sini ia mendapatkan banyak ilmu tentang ilmu keperawatan dan ilmu kelautan.

“Saya berharap setelah lulus bisa mengembangkan ilmu keperawatan, bisa membangun masyarakat Indonesia sehat,” ujarnya. (dev/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...