Senin, 14 Oktober 2019 18:53

Ini Nama 23 Peserta Tes Tulis Komisi Informasi Bangkalan

Rabu, 28 Agustus 2019 21:59 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Ini Nama 23 Peserta Tes Tulis Komisi Informasi Bangkalan
Suasana saat ujian tes tertulis calon Komisi Informasi di Hotel Ningrat, Selasa (27/08/2019).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Seleksi tes tulis Komisi Informasi (KI) Kabupaten Bangkalan digelar di Aula Hotel Ningrat Jl. KH. Moh. Kholil XII No.113, Kemayoran, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Selasa (27/8/2019).

Proses pelaksanaan seleksi yang diikuti sebanyak 23 peserta itu, dilaksanakan dalam rangka menggantikan anggota KI periode sebelumnya.

Komisi Informasi merupakan sebuah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan UU no. 14 tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik dan peraturan. Sedangkan dalam penyelesaian kasus sengketa publik dilakukan melalui jalur mediasi atau ajudikasi non litigasi.

KI bertujuan mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan berbangsa. Serta berperan aktif dalam mengikuti berbagai persoalan yang menyangkut kepentingan publik.

Menurut panitia pelaksana, jumlah pendaftar calon anggota KI hingga batas akhir yang telah ditentukan sebanyak 29 orang. Namun setelah dilakukan seleksi administrasi, yang lolos dan hari ini mengikuti tes potensi (tes tulis) sebanyak 23 orang. 

"Sementara 6 orang tidak lolos karena rata-rata faktor umur yang belum memenuhi syarat, karena minimal umur 30 tahun," kata Ketua Tim Seleksi Penerimaan Calon Anggota KI Bangkalan, KH Makki Nasir.

Selanjutnya bagi yang lolos tes tulis, tahap berikutnya akan mengikuti wawancara dan tes psikologi yang digelar pada pertengahan September 2019 nanti.

KH Makki menjelaskan bahwa semua tahapan seleksi akan dilaksanakan sesuai Undang-Undang dan peraturan KI. "Dengan jumlah anggota KI yang akan diterima sebanyak 5 orang untuk masa bhakti 2019 – 2023," jelasnya.

Seleksi tes Komisi Informasi akan dilaksanakan hingga bulan September 2019, dengan 4 proses tahapan seleksi, yakni tes administrasi, tes potensi, wawancara/psikotes, serta fit and proper test.

Wakil Bupati Bangkalan Mohni menjelaskan, tahapan seleksi KI di Bangkalan saat ini lebih selektif. Menurutnya, dalam seleksi ini ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh peserta.

“Proses tahapannya ini sangat ketat, dan tidak ada toleransi bagi peserta yang tidak mengikuti tahapan seleksi ini Ia juga menjelaskan bahwa KI merupakan lembaga yang mandiri yang berfungsi dalam menetapkan peraturan pelaksanaan serta perujuk teknis standart layanan informasi publik,” jelasnya.

Dikatakan, ada empat tahapan dalam seleksi yang harus diikuti oleh semua peserta. “Pertama seleksi administrasi, kedua tes tulis, ketiga tes fit and proper test dan terakhir akan disampaikan kepada Bupati Bangkalan,” tuturnya.

Mohni berharap, tahapan seleksi KI berjalan lancar serta dilaksanakan secara obyektif dan sesuai undang-undang yang berlaku. Sehingga menghasilkan anggota KI yang berkualitas dan mampu menjalankan tanggung jawab sesuai dengan amanah Undang-Undang.

Sedangkan Daftar Peserta Calon Anggota KI yang mengikuti tes adalah:

1. Abd Rohman

2. Abd Mulai Muis

3. Abdul Rohim

4. Abdullah

5. Adity Roosvianto

6. Agus Budi Harijanto

7. Anang Sudarto

8. Ainur Rofik

9. Badrun

10. Diana Mufiedah

11. Fathur Rahman Said

12. Fuad Asdajah

13. M. Fahrillah

14. M. Sodiq

15. M. Syaiful Anis

16. Malikul Amin

17. Moh. Badruttamam

18. Moh. Yusuf

19. Mohammad Tikno Mulyono

20. Siti Amina

21. Syafii

22. Syafi'i

23. Yunus Mansur Yasin. (uzi/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...