Jumat, 18 Oktober 2019 02:17

Cegah Kemacetan, Siswa Smamda Ciptakan Sistem Parkir Pintar

Selasa, 27 Agustus 2019 21:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Cegah Kemacetan, Siswa Smamda Ciptakan Sistem Parkir Pintar
INOVASI: Tiga siswa didampingi Kepala Smamda menunjukkan karya berupa sistem Parkir Pintar, Selasa (27/8). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) kembali meraih juara umum dalam ajang kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Amikom Information and Communication Awards (Amicta) 2019 yang digelar Universitas Amikom Yogyakarta, 24 Agustus 2019.

Salah satu karya siswa Smamda, Smart Parking Base On Navigation (Sarmation) menyabet juara satu. Aplikasi ini diciptakan oleh tiga siswa kelas XI IPA Smamda, yakni M Sholikhuddin, Syah Tanaya Paradipta dan Muhammad Firzatullah Ramadhani.

Sistem ‘Parkir Pintar’ ini diharapkan mengurangi bisa kemacetan karena memudahkan mobil masuk area parkir, sehingga tidak menumpuk di depan pintu masuk lahan parkir. “Mobil langsung diarahkan menuju lahan parkir yang masih kosong, sehingga tak perlu berputar-putar,” cetus Sholikhuddin, Selasa (27/8).

Kata Sholikhuddin, begitu menekan tombol di pintu masuk area parkir, pengemudi mobil mendapatkan karcis yang mencantumkan area parkir yang masih kosong. Dengan sistem ini, pengemudi hanya butuh 5-7 menit untuk memarkir mobilnya. “Biasanya butuh 10-15,” imbuh Syah Tanaya Paradipta.

Dia mengaku karya ini dibuat hanya butuh dana Rp 900 ribu. Sebab prototipe karya ini terbuat dari bahan kayu, servo, dan aklirik. Selain itu, pembuatannya juga tidak lama. “Kami rancang dalam waktu seminggu,” tandas Sholikhuddin.

Sementara itu, Kepala Smamda Wigatiningsih menjelaskan, karya Parkir Pintar ini melengkapi trofi Smamda dalam ajang tahunan tersebut. Sebelumnya, dua kakak kelas tim ini juga menyabet juara satu selama dua tahun berturut-turut.

Kata Wigatiningsih, sebenarnya pihaknya ingin mematenkan karya siswa Smamda tersebut. “Namun biayanya mahal dan ribet. Mungkin yang bisa dijangkau ya HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Kami berharap ada investor yang mau kerja sama untuk penyempurnaan karya ini,” tandasnya, Selasa (27/8).

Menurut Wigatiningsih, kunci untuk meraih juara, karena selama ini kebanyakan tim didampingi oleh kakak kelasnya. Hal ini memudahkan belajar dan merekayasa teknologi. "Dengan kakak kelas mereka bisa belajar lebih dari karena masih sepantaran daripada sama guru yang usianya lebih tua," ungkapnya.

Karya siswa Smamda lainnya, aplikasi PROOL (Progressive School), meraih juara tiga. Aplikasi ini untuk memudahkan kegiatan belajar. Misalnya presensi hingga tugas belajar yang bisa diunduh dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini diciptakan oleh Farid Nafis Tsani, Alka Alvin Fauzi, dan M Daffa Rakan. (sta/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 18 Oktober 2019 01:53 WIB
SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...