Airlangga Pribadi: Konflik di Papua Harus Ditangani Secara Komprehensif

Airlangga Pribadi: Konflik di Papua Harus Ditangani Secara Komprehensif Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Airlangga Pribadi Kusman diwawancarai wartawan usai menjadi narasumber diskusi publik di kampus B Unair, Surabaya, Rabu (21/8). foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konflik yang terjadi di belakangan ini membuat prihatin banyak pihak. Terlebih ada nuansa rasisme dalam peristiwa di asrama mahasiswa di Surabaya. Peristiwa di Jatim itu berbuntut demo besar dan tuntutan merdeka dari massa aksi di sejumlah daerah di dan Barat.

Terkait hal itu, pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman menilai, masalah tidak bisa diselesaikan dengan instan tapi membutuhkan penanganan yang komprehensif.

Menurut akademisi yang akrab disapa Angga itu, menyelesaikan konflik di tidak hanya melibatkan unsur-unsur pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Hal itu dikatakan doktor ilmu politik lulusan Murdoch University itu kepada wartawan usai Diskusi publik "Merawat Kebhinnekaan, Tangkal Ekstrimisme dengan Memperkuat Kesadaran ber-Pancasila" di kampus B Unair, Surabaya, Rabu (21/8).

Menurut Angga, untuk memecahkah persoalan , yang paling penting adalah pemahaman tentang masyarakat . Baik dari sisi sosial, budaya, maupun politik.

“Mereka adalah bagian dari masyarakat Indonesia yang harus diperlakukan sebagaimana sesama anak bangsa, sebagai warga negara yang harus dihormati, yang memiliki hak-hak sipil dan politik dan menjadi bagian dalam naungan NKRI,” kata dia.

Lihat juga video 'Kembali Berduka! Ratusan Rumah di Papua Terbakar!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO