​Pemkab Madiun Dukung Penuh Baksos Rail Clinic Daop 7

​Pemkab Madiun Dukung Penuh Baksos Rail Clinic Daop 7 Tenaga medis sedang melayani pengobatan dalam program rail clinic.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - PT Kereta Api Indonesia Daop 7 Madiun mengadakan bakti sosial (baksos) pengobatan gratis dengan menggunakan kereta kesehatan atau Rail Clinic, di Stasiun Saradan Kabupaten Madiun, Rabu (21/08/2019).

Vice President Daop 7 Madiun, Wisnu Pramudyo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelayanan sekaligus bentuk kepedulian sosial perusahaan dan merupakan agenda rutin setiap tahun.

Menurut Wisnu, pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan adalah pelayanan kesehatan primer atau tingkat pertama yang meliputi pemeriksaan umum, gigi, kesehatan ibu anak, mata, laboratorium sederhana (gula darah, asam urat, dan kolesterol), dan penyuluhan kesehatan.

“Pelaksanaan bakti sosial, PT. KAI Daop 7 Madiun menggunakan Rail Clinic generasi keempat, di mana terdapat dua kereta layanan kesehatan dan dua kereta sebagai perpustakaan dengan nama “Rail Library” yang di dalamnya terdapat berbagai macam bacaan buku pengetahuan dan dapat dimanfaatkan bagi siapa saja yang hadir,” jelas Wisnu.

Kepala Bappeda Kabupaten Madiun, Edy Bintarjo mengungkapkan sangat mendukung program dari PT. KAI Daop 7 Madiun, terlebih bagi masyarakat yang terdampak dari keberadaan rel kereta api.

Edi berharap mendatang akan ada program pengobatan gratis yang lebih besar termasuk melibatkan dari tenaga kesehatan pemerintah Kabupaten Madiun.

Sesuai data PT. KAI Daop 7 Madiun, pengobatan gratis di Stasiun Saradan, Kabupaten Madiun diikuti sekitar 300 warga lebih dan 167 siswa SD sekitar stasiun. Dengan melibatkan 31 orang tenaga medis dan dua orang tenaga untuk “Rail Library” serta dibantu 14 orang railfans dan support dari tiap-tiap unit dengan total 97 personil.

Untuk rute baksos rail clinic selanjutnya adalah di Stasiun Walikukun, Kabupaten Ngawi pada Kamis (22/8) besok. (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO