“120 Tahun Pesantren Tebuireng”, Puluhan Tokoh Nasional, Pengasuh Pesantren & Menteri Bakal Hadir

“120 Tahun Pesantren Tebuireng”, Puluhan Tokoh Nasional, Pengasuh Pesantren & Menteri Bakal Hadir Dr Ir KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Foto: BANGSAONLINE.COM

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pesantren Jombang Jawa Timur memasuki usia 120 tahun. Pesantren legendaris yang didirikan KHM Hasyim Asy’ari pada 1899 M ini akan menggelar serangkaian acara untuk memperingati “120 Tahun Pesantren 1899-2019.” 

Acara peringatan 120 Tahun Pesantren itu akan digelar tiga hari, mulai tanggal 23 hingga 25 Agustus 2019. Rangkaian acara yang akan digelar, antara lain seminar nasional, bakti sosial, dan testimoni dari santri Hasyim Asy’ari.

Rencananya, puluhan tokoh nasional, pengasuh pesantren, ketua organisasi keagamaan dan menteri bakal hadir. Para menteri yang bakal hadir, antara lain, Menteri Pendidikan RI Muhajir Efendi, RI Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Dr Ir KH Salahduddin Wahid, Pengasuh Pesantren , kepada BANGSAONLINE.com, mengungkapkan bahwa dalam acara ini juga diundang para pimpinan organisasi keagamaan dan pengasuh pondok pesantren yang memiliki ciri khas masing-masing. Ia menyebut, antara lain, Pondok Modern Gontor Ponorogo Jawa Timur.

“Gontor punya ciri sendiri. Gontor punya sekitar 30 cabang. Ada 350-400 alumni Gontor yang mendirikan pesantren dengan model yang sama,” kata kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (21/8/2019).

Putra The Fouding Fathers Republik Indonesia KHA Wahid Hasyim itu juga menyebut Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur. Menurut dia, pesantren Sidogiri merupakan pesantren tertua di Jawa Timur. Pesantren Sidogiri didirikan Sayyid Sulaiman pada 1718 M. “Tapi kalau secara nasional ada pondok yang lebih tua,” katanya.

Dalam penelusuran BANGSAONLINE.com, pesantren tertua secara nasional adalah Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalango Kebumen Jawa Tengah. Pesantren ini didirikan Sayyid Al-Kahfi Al-Hasani pada 1475 M. Kini pesantren Al-Kahfi diasuh KH Afifuddin Hanif Al-Hasani, Rais Syuriah NU Kebumen. Pondok Pesantren tertua kedua adalah Pesantren Buntet Cirebon Jawa Barat. Pesantren ini didirikan Mbah Muqoyyim pada 1715 M.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO