Sabtu, 07 Desember 2019 06:31

Gunakan Daun dan Besek Saat Idul Adha, DeDurian Park akan Ajak Masyarakat Menanam Bambu

Selasa, 13 Agustus 2019 01:26 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Gunakan Daun dan Besek Saat Idul Adha, DeDurian Park akan Ajak Masyarakat Menanam Bambu

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ajakan tidak menggunakan plastik saat membagi daging kurban di Idul Adha 1440 H direspons positif masyarakat luas. Termasuk DeDurian Park Jombang. Masyarakat Wonosalam Jombang menyatu dalam kebersamaan kembali ke alam.

Bahkan Muhammad Gurning, salah satu pendiri DeDurian Park punya perspektif lebih luas.

"Nanti akan lahir lebih banyak lagi pengrajin besek dan bahan bahan dari bambu. Bahkan petani akan semangat menanam kembali bambu dan pisang," tegasnya.

Menurut Gurning, saat inilah momentum kebangkitan petani. Menanam bambu yang selama ini dianggap kurang produktif, akan kembali menjadi produktif. "Belum lagi, manfaat lain dengan kembali menanam bambu, maka akan pula mejadi bagian penting pengikat air hingga menjadi sumber mata air bagi masyarakat," tambah Gurning yang aktif bergerak mendirikan "start up" bidang pertanian Goolive.

Pada sisi lain, Yusron Aminulloh, Dirut DeDurian Park menilai, di sinilah perlunya inovasi yang tidak meninggalkan nilai-nilai lokal atau "local genius". "Sudah saatnya kita belajar budaya tani dan budaya bermasyarakat tapi tetap menyatu dengan alam," katanya.

"Salah satu kekuatan lokal masyarakat Wonosalam adalah guyub. Di sini masyarakat bisa izin tidak kerja karena sedang membantu tetangganya bongkar rumah hingga membersihkan kebun. Sebuah adat positif yang banyak ditinggalkan masyatakat lain. Maka kami akan belajar pada kekuatan lokal itu," tambah Yusron.

Sebagaimana banyak viral di medsos, pada acara penyembelihan hewan kurban, kini banyak fenomena baru di berbagai kota. Yakni tidak menggunakan plastik, tapi berganti daun pisang dan besek (keranjang dari bambu).

"Kami bangga dan senang masyarakat menyambut antusias program anti plastik ini. Di samping upaya meningkatkan ekonomi para pengrajin besek (tumbu), kami juga mengajak masyarakat hidup sehat tanpa plastik," tegas Rully Anwar, Dir Op DeDurian Park.

Bersama dengan komunitas petani dan desa, akan pula digiatkan kembali menanam bambu dan pisang. Sembari nilai ekonominya ditingkatkan dengan pemanfaatan pada aktivitas sehari-hari, budi daya bambu dan pisang pun harus digiatkan supaya ketersediaannya terjamin.

"Alhamdulillah, gerakan ini akan kami teruskan tidak hanya saat Idul Adha, tetapi juga nantinya dalam keseharian kami di Cafe Bido yang kami kelola di DeDurian Park. Besek dan daun pisang akan menjadi pelengkap dalam layanan kami," tambah Rully. (*/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...