Arumi Bachsin Ajak Masyarakat dan Anggota TP PKK Budidaya Jahe Merah

Arumi Bachsin Ajak Masyarakat dan Anggota TP PKK Budidaya Jahe Merah Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin saat membuka Kick Off Lomba Taman Herbal Bejo (THB) Jatim di Kantor TP PKK Jatim, Jl. Gayung Kebonsari, Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jawa Timur, Arumi Bachsin, mengajak masyarakat serta anggota TP PKK untuk membudidayakan tanaman jahe merah. Ini karena tanaman tersebut memiliki berbagai khasiat, serta nilai ekonomis yang tinggi. Dengan begitu, diharapkan masyarakat serta anggota TP PKK akan lebih sejahtera.

“Selain khasiatnya banyak, jahe merah bisa jadi salah satu pilihan bagi yang ingin memiliki penghasilan tambahan, dan bisa dikerjakan di rumah. Jika kualitasnya baik, jahe merah juga bisa diekspor,” kata Ketua TP Arumi Bachsin saat membuka Kick Off Lomba Taman Herbal Bejo (THB) Jatim di Kantor TP , Jl. Gayung Kebonsari Surabaya, Kamis (8/8).

Arumi Bachsin mengungkapkan berbagai khasiat jahe merah di antaranya adalah sebagai antioksidan, membuat awet muda, dan bisa mencegah obesitas. Selain itu, juga bisa melancarkan aliran darah, melancarkan pencernaan sehingga menjadi obat yang ampuh untuk kolesterol, serta sebagai obat herbal yang andal. Bahkan bagi kaum pria, jahe merah berkhasiat untuk memperkuat stamina.

Lebih lanjut, istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak ini menyampaikan, jahe merah juga memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Contohnya, jahe kering juga sering digunakan sebagai olahan jamu, obat, maupun seduhan hangat. Bahkan nilai ekonomisnya akan lebih tinggi lagi jika diolah menjadi serbuk minuman.

“Harapan saya, budidaya jahe ini bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat yang tinggal di kota, khususnya kaum milenial, yang ingin sukses dan kaya lewat bertani,” ujarnya sembari menambahkan, paradigma generasi muda perlu diluruskan, bahwa meraih sukses tidak hanya bisa dicapai dengan bekerja kantoran, tapi juga bisa dicapai lewat bertani.

Ditambahkannya, siap apun bisa membudidayakan jahe merah. Sebab cara budidayanya relatif mudah dan tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas. Jahe merah bisa ditanam di polybag maupun karung sebagai media tanamnya, sehingga bisa dilakukan di halaman rumah. Cara perawatannya pun simpel, yaitu mendapat sinar matahari yang cukup, serta disiram secukupnya.

Secara khusus, Ketua TP PKK Arumi memuji PT. Bintang Toedjoe yang menginisiasi kegiatan lomba THB jahe merah. Menurutnya, kegiatan ini selain mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, juga menguntungkan bagi masyarakat. Sebab, hasil budidaya jahe merah ini akan dibeli langsung oleh PT. Bintang Toedjoe.

“Tidak mudah bagi sebuah perusahaan besar untuk mempercayakan bahan bakunya secara sporadis kepada masyarakat, kemudian turun langsung ke lapangan untuk memberikan edukasi dan pelatihan, mendampingi, hingga masyarakat berhasil bertani jahe merah, kemudian hasil panennya dibeli kembali oleh perusahaan, dan PT. Bintang Toedjoe melakukan itu semua,” pujinya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO