Sabtu, 19 Oktober 2019 07:28

Gugatan PHPU Perindo Ditolak MK, Demkrat Untung

Kamis, 08 Agustus 2019 16:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Gugatan PHPU Perindo Ditolak MK, Demkrat Untung
Ilustrasi

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Hasil sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPRD Kabupaten Jember di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ditolak seluruhnya. Pasalnya dalil yang disampaikan pemohon (Perindo) di hadapan hakim MK dinilai tidak sesuai.

Menurut Ketua Bawaslu Jember Imam Thobrony Pusaka, hasil sidang putusan yang disampaikan pada pukul 4 sore, Rabu kemarin (7/8/2019), menolak seluruhnya yang disampaikan pemohon.

"Sesuai dengan sidang putusan di MK kemarin, mengenai hasil perhitungan suara Partai Perindo, menyatakan menolak seluruhnya yang disampaikan pemohon," kata Thobrony saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Kata Thobrony, dalil yang disampaikan pemohon tidak relevan menurut hukum. "Keputusan MK ini sudah final, dan tidak ada upaya banding. Karena pernyataan yang disampaikan pemohon ini berubah-ubah," sambungnya.

Dengan keputusan itu, lanjut Thobrony, ke depannya tinggal dilakukan penetapan hasil pemilihan. "Jadi permohonan itu berlaku untuk seluruhnya. Jadi ini sudah clear (selesai, red) di seluruh Indonesia. Untuk Jember selesai," tandasnya.

Diketahui dari hasil putusan MK ini, Partai Demokrat diuntungkan dengan calegnya dapat unggul dengan hasil perhitungan suara pemilu yang disampaikan oleh KPU.

Saat dikonfirmasi terpisah terkait hal ini, Sekretaris DPD Partai Demokrat Agusta Jaka Purwana menyampaikan pihaknya akan bersinergi untuk memberikan perubahan dari sisi legislatif untuk menjadi lebih baik.

"Terkait tuntutan yang disampaikan Perindo, itu ditujukan kepada KPU, bukan kepada kami Demokrat. Sehingga dengan hasil itu sudah fix, Demokrat calegnya jadi dan jelas ada 2 kursi. Selanjutnya akan melakukan komunikasi secara internal untuk membahas mengenai pembentukan fraksi yang ada," jelasnya.

"Baik itu membahas kelengkapan dewan seperti apa, sehingga menjalin komunikasi dengan partai kecil dan menengah yang hanya satu atau 2 kursi. Jadi ketika sudah bekerja bisa lebih efektif," tandasnya. (jbr1/yud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...