Selasa, 10 Desember 2019 03:24

Gugatan PHPU Perindo Ditolak MK, Demkrat Untung

Kamis, 08 Agustus 2019 16:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Gugatan PHPU Perindo Ditolak MK, Demkrat Untung
Ilustrasi

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Hasil sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPRD Kabupaten Jember di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ditolak seluruhnya. Pasalnya dalil yang disampaikan pemohon (Perindo) di hadapan hakim MK dinilai tidak sesuai.

Menurut Ketua Bawaslu Jember Imam Thobrony Pusaka, hasil sidang putusan yang disampaikan pada pukul 4 sore, Rabu kemarin (7/8/2019), menolak seluruhnya yang disampaikan pemohon.

"Sesuai dengan sidang putusan di MK kemarin, mengenai hasil perhitungan suara Partai Perindo, menyatakan menolak seluruhnya yang disampaikan pemohon," kata Thobrony saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Kata Thobrony, dalil yang disampaikan pemohon tidak relevan menurut hukum. "Keputusan MK ini sudah final, dan tidak ada upaya banding. Karena pernyataan yang disampaikan pemohon ini berubah-ubah," sambungnya.

Dengan keputusan itu, lanjut Thobrony, ke depannya tinggal dilakukan penetapan hasil pemilihan. "Jadi permohonan itu berlaku untuk seluruhnya. Jadi ini sudah clear (selesai, red) di seluruh Indonesia. Untuk Jember selesai," tandasnya.

Diketahui dari hasil putusan MK ini, Partai Demokrat diuntungkan dengan calegnya dapat unggul dengan hasil perhitungan suara pemilu yang disampaikan oleh KPU.

Saat dikonfirmasi terpisah terkait hal ini, Sekretaris DPD Partai Demokrat Agusta Jaka Purwana menyampaikan pihaknya akan bersinergi untuk memberikan perubahan dari sisi legislatif untuk menjadi lebih baik.

"Terkait tuntutan yang disampaikan Perindo, itu ditujukan kepada KPU, bukan kepada kami Demokrat. Sehingga dengan hasil itu sudah fix, Demokrat calegnya jadi dan jelas ada 2 kursi. Selanjutnya akan melakukan komunikasi secara internal untuk membahas mengenai pembentukan fraksi yang ada," jelasnya.

"Baik itu membahas kelengkapan dewan seperti apa, sehingga menjalin komunikasi dengan partai kecil dan menengah yang hanya satu atau 2 kursi. Jadi ketika sudah bekerja bisa lebih efektif," tandasnya. (jbr1/yud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...