Peringati HAN 2019, DP3AP2KB Kota Malang Gelar Forum Anak

Peringati HAN 2019, DP3AP2KB Kota Malang Gelar Forum Anak Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Kepala DP3AP3KB Kota Malang Penny Indriyani, foto bareng anak-anak sekolah usai pengarahan. foto: IWAN IRAWAN/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk serta Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Malang menggelar Forum Anak Kota Malang, di Hotel Sahid Montana Malang, Rabu (31/07). Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019.

Acara ini dibuka langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji. Dalam sambutannya, ia menuturkan bahwa anak merupakan mutiara bagi orangtua maupun bangsa. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bersama dalam menjaga dan memajukannya.

"Kami berkeinginan peran serta semua pihak, khususnya orang tua dan para guru. Mesti bisa memberikan pemahaman dan pembelajaran yang berkarakter positif," tuturnya saat membuka Forum Anak Kota Malang.

Sutiaji mengibaratkan seorang anak seperti tumbuhan, butuh pemupukan dan merawatnya secara hati-hati serta telaten. "Jika dipupuk dan dikerjakan dengan baik dan benar, kami yakin anak tersebut berkualitas dan memberikan manfaat bagi umat manusia lainnya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa Pemkot akan meningkatkan fasilitas dan rasa keamanan bagi tumbuh kembang anak di Kota Malang. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti predikat Kota Layak Anak yang telah diraih Kota Malang.

"Salah satunya keseriusan Pemkot Malang mewujudkan perhatian kepada anak, kami akan mengeluarkan Perwal, dalam rangka penekanan pengurangan gadget bagi anak-anak," tegasnya.

Kepala DP3AP2KB Kota Malang Dra. Penny Indriyani menambahkan, ada sebanyak 200 anak dari panti asuhan, lembaga perlindungan anak, anak difabel serta beberapa siswa SMPN di Kota Malang yang megnikuti forum anak tersebut.

"Kita berikan pemahaman dan pembekalan kepada anak-anak. Bertujuan agar anak-anak bisa tumbuh kembang dengan positif," tambah Penny.

Di HAN kali ini, DP3AP2KB Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Malang. "Kami membantu menyerahkan akta lahir kepada 3 anak, sebagai bentuk kepedulian," ungkapnya.

"Kami ingin mewujudkan impiannya lebih mudah tertata lagi, dari sisi kelengkapan administrasi legalitasnya. Menapaki kariernya dalam hidupnya menggapai masa depannya," sambungnya. (iwa/thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO