Waaah, Ada Pohon Kurma Berbuah di Kediri

Waaah, Ada Pohon Kurma Berbuah di Kediri Salah satu pekerja saat membersihkan pohon kurma yang mulai berbuah. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar buah kurma, pasti identik dengan tanaman ciri khas timur tengah dan menjadi andalan di sana. Namun siapa sangka sejenis Palm ini kini bisa tumbuh dan berbuah di Kabupaten yang mempunyai iklim tropis.

Adalah KH Mustain Anshori, Pengasuh Pondok Pesantren Pari Ulu di Desa Sumbercangkring, Kecamatan Gurah, Kabupaten , yang sejak 4 tahun lalu mulai mencoba membudidayakan kurma di halaman rumahnya.

"Saya sudah melakukan penelitian dan budidaya kurma sejak 4 tahun terakhir ini dan alhamdulillah mulai menunjukkan hasilnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, budidaya kurma yang diberi nama kurma nusantara ini sudah dilakukan beberapa tahap. Dalam tahap pertama kurma yang ia tanam dari biji ini bisa berbuah dalam kurun waktu selama 4 tahun sejak benih mulai ditanam. Sedangkan dalam eksperimen pada tahap dua, kurma bisa berbuah dalam kurun waktu dua tahun.

"Ini masih riset, masih menunggu 1 tahun lagi untuk memastikan ini. Tapi secara fakta saya memiliki 4 yang kurang dari dua tahun sudah keluar mayangnya (bunga). Ini adalah peningkatan dari tahap awal," jelasnya usai seminar ngaji tani di Ponpes Pari Ulu.

Mustain menjabarkan dirinya menanam 14 varietas kurma. Beberapa jenis kurma yang sudah berbuah yakni jenis Ajwa, Ruzeis, dan Madinah. "Ada 14 jenis Kurma, banyak jenisnya. Namun semuanya saya beri nama Kurma Nusantara. Saya tidak tahu apakah di Indonesia ada seperti ini atau bagaimana. Namun semoga kurma ini dapat bermanfaat ke depannya," harap Mustain.

Hingga saat ini kurma hasil budidaya Mustain belum diperjualbelikan. Menurutnya, itu karena masih dalam proses penelitian hingga satu tahun ke depan. Setelah terbukti bisa dikembangkan oleh petani di Indonesia, Mustain baru akan menjualnya, dengan harapan dapat dibudidayakan oleh petani secara massal. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO