Rabu, 21 Agustus 2019 06:36

Songsong Pilkades Serentak, Sambari-Qosim Minta Warga Kedanyang Rukun

Sabtu, 20 Juli 2019 15:34 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Songsong Pilkades Serentak, Sambari-Qosim Minta Warga Kedanyang Rukun
Sambari dan Qosim kompak menghadiri sedekah bumi di Desa Kedanyang. foto: Syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto dan Moh. Qosim menghadiri sedekah bumi di Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas, Sabtu (20/7), pagi.

Orang nomor satu dan dua di Pemkab Gresik ini mengajak seluruh Warga Kedanyang rukun menyongsong pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 31 Juli.

"Kita semua ini adalah saudara. Jadi jangan ada permusuhan siapa pun calon kepala desa yang akan didukung," pesan Bupati didampingi Wabup saat menghadiri sedekah bumi di Desa Kedanyang Kecamatan Kebomas.

Menurut Bupati, sedekah bumi yang digelar kali ini bisa meningkatkan rasa persaudaraan di desa Kedanyang. Apalagi saat ini Desa Kedanyang akan menggelar Pilkades, sehingga diharapkan sedekah bumi yang digelar tersebut dapat meredakan tensi politik.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menekankan bahwa dirinya dan Wabup tidak akan mendukung siapa pun.

"Jangan percaya bila ada orang bicara bahwa ada penjabat yang mendukung si A dan si B, saudara jangan percaya. Bahkan Pak Pj kepala desa sudah saya peringatkan untuk bisa bersikap netral, adil dan tidak memihak siapapun," papar Bupati.

Bupati kemudian memanggil Sekcam Kebomas Zainul yang saat ini menjabat sebagai Pj Kepala Desa Kedanyang untuk meyakinkan masyarakat bahwa Bupati dan Wakil Bupati serta Pemerintah Kabupaten Gresik bersikap adil pada pemilihan kepala desa di Kedanyang.

"Siapa pun yang terpilih nanti, adalah pilihan Allah. Siapa pun yang menang nanti adalah kemenangan rakyat. Semuanya sudah tertulis pada takdir Allah," kata Wabup menyambung pernyataan Bupati.

Bupati juga meminta kepada seluruh masyarakat Desa Kedanyang untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban. Ia juga meminta kepada Cakades untuk ikut menjaga kerukunan masyarakat desanya dengan tidak melakukan money politics.

Sebagai acara puncak, sedekah bumi Desa Kedanyang diakhiri dengan rebutan tumpeng raksasa yang di dalamnya terdapat hasil bumi dan pertanian masyarakat. Ratusan masyarakat, tua muda saling berebut untuk mendapat hasil yang sebesar-besarnya.

Menurut Tutik warga setempat, semakin banyak hasil tumpeng yang direbut maka rejeki tahun ini akan semakin banyak. Apalagi mendapat untaian padi yang ada digunungan tumpeng, yang biasanya dipakai untuk bibit menanam padi. (hud/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...