Sabtu, 24 Agustus 2019 10:31

Pengalaman Seru 1.200 Siswa MPLS Tahun 2019 di Koarmada II Berakhir

Kamis, 18 Juli 2019 15:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Pengalaman Seru 1.200 Siswa MPLS Tahun 2019 di Koarmada II Berakhir
Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si menyalami para peserta MPLS.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pengalaman seru sebanyak 1.200 siswa SMA/SMK Kelas X se-Jawa Timur di Markas Komando Armada II (Koarmada II) harus berakhir. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS Tahun 2019 yang mereka ikuti, resmi ditutup oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si pada hari ini, Kamis (18/7/2019) di Dermaga Madura, Markas Koarmada II, Surabaya.

Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si dalam amanatnya kepada para peserta menyampaikan bahwa kegiatan MPLS ini merupakan wujud nyata dalam upaya memaksimalkan implementasi pendidikan di provinsi Jawa Timur, yang bekerja sama dengan Koarmada II untuk memberikan pembekalan tentang jati diri bangsa, wawasan kebangsaan, anti radikalisme, serta bela negara kepada segenap generasi penerus bangsa.

“Dengan dilaksanakannya MPLS di Koarmada II, saya berharap agar para peserta dapat menghormati norma-norma yang ada di sekitarnya, membangun rasa percaya diri kalian sehingga menjadi pribadi yang tangguh dan berpendirian untuk kalian tularkan kepada teman-teman kalian di sekolah,” tegas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Lebih lanjut, Pangkoarmada II menekankan kepada para siswa yang baru duduk di bangku SMA tersebut, agar mampu memahami nilai-nilai kecintaan terhadap negara, serta mempunyai semangat untuk terus menjaga tegaknya NKRI dengan kerelaan dan keiklasan melalui perbuatan-perbuatan terpuji.

Sebagai tanda bahwa kegiatan MPLS 2019 di Koarmada II resmi ditutup, Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si melepas tanda peserta terhadap tiga orang perwakilan peserta. Selanjutnya, Pangkoarmada II beserta pejabat teras di lingkungan Koarmada II melaksanakan foto bersama dengan para peserta dan guru pendamping.

Kegiatan MPLS merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Koarmada II, yang berlangsung selama tiga hari di Mako Koarmada II yakni terhitung sejak 16 hingga 18 Juli 2019. Tercatat sebanyak 1.200 siswa SMA se-Jawa Timur yang berpengalaman di organisasi sekolah terlibat pada kegiatan MPLS tersebut.

Seluruh peserta di-messing-kan di atas KRI dr. Soeharso-990, dan KRI Teluk Ende-517. Dan selama berkegiatan di daerah basis Koarmada II, para peserta mengikuti ceramah tentang Jati Diri Bangsa, Anti Radikalisme dan Narkoba, serta Mitigasi Bencana.

Sementara pada materi praktik atau latihan, para peserta mendapat pelatihan dari Tim Satkopaska dan Dislambair Koarmada II tentang pelatihan SAR, Sea Survival, Sea Outbond, dan Ship Tour. Dan untuk melengkapi kegiatan MPLS 2019 ini, Dispotmar Koarmada II mengadakan Tradisi Api Unggun dan Prosesi Merah Putih yang dilaksanakan pada malam hari jelang Upacara Penutupan. (dev/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...