Pengalaman Seru 1.200 Siswa MPLS Tahun 2019 di Koarmada II Berakhir

Pengalaman Seru 1.200 Siswa MPLS Tahun 2019 di Koarmada II Berakhir Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si menyalami para peserta MPLS.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pengalaman seru sebanyak 1.200 siswa SMA/SMK Kelas X se-Jawa Timur di Markas Komando Armada II () harus berakhir. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS Tahun 2019 yang mereka ikuti, resmi ditutup oleh Panglima Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si pada hari ini, Kamis (18/7/2019) di Dermaga Madura, Markas , Surabaya.

Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si dalam amanatnya kepada para peserta menyampaikan bahwa kegiatan MPLS ini merupakan wujud nyata dalam upaya memaksimalkan implementasi pendidikan di provinsi Jawa Timur, yang bekerja sama dengan untuk memberikan pembekalan tentang jati diri bangsa, wawasan kebangsaan, anti radikalisme, serta bela negara kepada segenap generasi penerus bangsa.

“Dengan dilaksanakannya MPLS di , saya berharap agar para peserta dapat menghormati norma-norma yang ada di sekitarnya, membangun rasa percaya diri kalian sehingga menjadi pribadi yang tangguh dan berpendirian untuk kalian tularkan kepada teman-teman kalian di sekolah,” tegas orang nomor satu di jajaran ini.

Lebih lanjut, Pangkoarmada II menekankan kepada para siswa yang baru duduk di bangku SMA tersebut, agar mampu memahami nilai-nilai kecintaan terhadap negara, serta mempunyai semangat untuk terus menjaga tegaknya NKRI dengan kerelaan dan keiklasan melalui perbuatan-perbuatan terpuji.

Sebagai tanda bahwa kegiatan MPLS 2019 di resmi ditutup, Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si melepas tanda peserta terhadap tiga orang perwakilan peserta. Selanjutnya, Pangkoarmada II beserta pejabat teras di lingkungan melaksanakan foto bersama dengan para peserta dan guru pendamping.

Kegiatan MPLS merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) , yang berlangsung selama tiga hari di Mako yakni terhitung sejak 16 hingga 18 Juli 2019. Tercatat sebanyak 1.200 siswa SMA se-Jawa Timur yang berpengalaman di organisasi sekolah terlibat pada kegiatan MPLS tersebut.

Seluruh peserta di-messing-kan di atas KRI dr. Soeharso-990, dan KRI Teluk Ende-517. Dan selama berkegiatan di daerah basis , para peserta mengikuti ceramah tentang Jati Diri Bangsa, Anti Radikalisme dan Narkoba, serta Mitigasi Bencana.

Sementara pada materi praktik atau latihan, para peserta mendapat pelatihan dari Tim Satkopaska dan Dislambair tentang pelatihan SAR, Sea Survival, Sea Outbond, dan Ship Tour. Dan untuk melengkapi kegiatan MPLS 2019 ini, Dispotmar mengadakan Tradisi Api Unggun dan Prosesi Merah Putih yang dilaksanakan pada malam hari jelang Upacara Penutupan. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO