Bupati Pamekasan Lepas 1.017 CJH

Bupati Pamekasan Lepas 1.017 CJH Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat memasangkan seragam kepada salah satu CJH. foto: ERRI/ BANGSAONLINE

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menggelar pelepasan Calon Jemaah Haji Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 1.017 orang di masjid Agung Asy' Syuhada Pamekasan, Selasa (02/07/19) pagi.

Selain Bupati Baddrut, pelepasan jemaah haji tersebut juga dihadiri Wabup Raja'e, Kepala Kemenag Pamekasan Afandi, Kapolres dan Dandim 0826/Pamekasan, serta kepala OPD terkait dan para ulama.

Menurut Kepala Kemenag Pamekasan Afandi, CJH Pamekasan sebanyak 1.017 itu dibagi 4 kloter. Rinciannya, kloter 09 sejumlah 66 jemaah dan kloter 10 sebamyak 439. Sedangkan kloter 11 sebanyak 439 dan kloter 85 sebanyak 73 jemaah. Mereka akan berangkat pada tanggal 8-9 Juli 2019.

"Namun ada 29 orang yang masih dalam penundaan karena adanya beberapa kendala," ungkapnya.

Selain itu, Afandi menjelaskan ada 1 orang meninggal dunia. Sedangkan kendala lain adalah adanya CJH yang masih menunggu mahram, serta ada yang sakit, hingga ada yang masih di luar negeri.

Sedangkan Bupati Pamekasan dalam sambutannya mengucapkan selamat jalan kepada para CJH. "Semoga diberikan kesehatan dan menjadi haji yang mabrur. Kita harus bersyukur luar biasa karena tidak semua orang bisa naik haji. Karena naik haji bukan hanya karena harta, tetapi panggilan dari Allah SWT," ungkapnya.

Bupati juga berpesan kepada CJH agar tidak menyia-yiakan waktu dan tidak mengerjakan hal-hal yang tidak penting selama berada di tanah suci. "Dan tolong jaga nama baik kabupaten Pamekasan," pesannya.

Baddrut juga berpesan agar para CJH menjaga kesehatannya, karena haji merupakan ibadah yang banyak menggunakan kegiatan fisik. "Untuk itu para petugas pendamping harus benar-benar menjaga para jemaah haji kita," pesannya. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO