Begini Pesan Bupati Arifin kepada Mahasiswa UGM yang Melaksanakan KKN di Trenggalek

Begini Pesan Bupati Arifin kepada Mahasiswa UGM yang Melaksanakan KKN di Trenggalek Bupati Arifin saat menyampaikan sambutan di hadapan mahasiswa UGM. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin berpesan agar para mahasiswa UGM Yogyakarta yang menggelar KKN di beberapa desa bisa mengajak masyarakat untuk turut menjaga keberlangsungan hidup di masa depan yang berkaitan dengan alam.

"Saya ingin titip pesan pada adik-adik mahasiswa. Kita di Kabupaten Trenggalek ini punya program skala prioritas, salah satunya kita ingin membangun kawasan Trenggalek ini lebih peduli terhadap keberlangsungan hidup di masa depan," kata Arifin saat menyampaikan sambutan di hadapan para mahasiswa UGM Yogyakarta di pendopo Kabupaten Trenggalek, Senin (1/7).

Menurut Arifin, keberlangsungan hidup di masa depan itu adalah mempertahankan kondisi alam di desa agar tidak terancam kerusakan yang diakibatkan oleh tangan manusia itu sendiri.

Ia kemudian memberikan contoh mempertahankan keberadaan sumber mata air, mempertahankan kebersihan air sungai dari sampah maupun limbah. "Jangan biarkan sampah-sampah itu mengalir di sungai karena itu akan berakibat fatal," tandasnya.

Arifin mengatakan, sampah yang mengalir ke sungai bisa mencemari air laut, dan akibatnya banyak biota laut yang ekosistemnya terganggu.

Untuk itu, ia meminta agar para mahasiswa yang nantinya terjun langsung ke masyarakat desa bisa mendorong lahirnya Perdes (Peraturan Desa) terkait konservasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO