Selasa, 20 Agustus 2019 13:14

Begini Pesan Bupati Arifin kepada Mahasiswa UGM yang Melaksanakan KKN di Trenggalek

Selasa, 02 Juli 2019 00:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Begini Pesan Bupati Arifin kepada Mahasiswa UGM yang Melaksanakan KKN di Trenggalek
Bupati Arifin saat menyampaikan sambutan di hadapan mahasiswa UGM. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin berpesan agar para mahasiswa UGM Yogyakarta yang menggelar KKN di beberapa desa bisa mengajak masyarakat untuk turut menjaga keberlangsungan hidup di masa depan yang berkaitan dengan alam.

"Saya ingin titip pesan pada adik-adik mahasiswa. Kita di Kabupaten Trenggalek ini punya program skala prioritas, salah satunya kita ingin membangun kawasan Trenggalek ini lebih peduli terhadap keberlangsungan hidup di masa depan," kata Arifin saat menyampaikan sambutan di hadapan para mahasiswa UGM Yogyakarta di pendopo Kabupaten Trenggalek, Senin (1/7).

Menurut Arifin, keberlangsungan hidup di masa depan itu adalah mempertahankan kondisi alam di desa agar tidak terancam kerusakan yang diakibatkan oleh tangan manusia itu sendiri.

Ia kemudian memberikan contoh mempertahankan keberadaan sumber mata air, mempertahankan kebersihan air sungai dari sampah maupun limbah. "Jangan biarkan sampah-sampah itu mengalir di sungai karena itu akan berakibat fatal," tandasnya.

Arifin mengatakan, sampah yang mengalir ke sungai bisa mencemari air laut, dan akibatnya banyak biota laut yang ekosistemnya terganggu.

Untuk itu, ia meminta agar para mahasiswa yang nantinya terjun langsung ke masyarakat desa bisa mendorong lahirnya Perdes (Peraturan Desa) terkait konservasi.

(Para Mahasiswa UGM saat berada di pendopo Trenggalek)

Terkait dengan sampah, Bupati Arifin meminta agar para mahasiswa UGM ini mengajak masyarakat desa untuk membuat tempat pengolahan sampah sementara. Ia juga meminta para mahasiswa memberikan pemahaman bahwa sampah itu bisa diolah dalam bentuk aneka kerajinan dan komposting.

Di akhir sambutannya, Bupati Arifin menekankan bahwa saat ini Pemkab Trenggalek tengah mencanangkan Adipura Desa. Ia berharap desa yang didatangi para mahasiswa asal UGM mampu meraih Adipura Desa yang telah ia canangkan sebelumnya.

"Tidak semua desa kedatangan anak KKN, dan tidak semua anak KKN sekeren dan sepinter anak UGM. Jadi sangat rugi jika desa yang didatangi anak-anak mahasiswa tidak bisa mendapat Adipura Desa," tandasnya.

Sekadar diketahui, para mahasiswa UGM Yogyakarta nanti akan melaksanakan KKN di beberapa desa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Panggul, Kecamatan Watulimo, dan Kecamatan Bendungan. (man/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...