Hadirkan Kemudahan Layanan Publik, Polresta Sidoarjo Kembali Diapresiasi Kemenpan RB

Hadirkan Kemudahan Layanan Publik, Polresta Sidoarjo Kembali Diapresiasi Kemenpan RB Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Diah Natalisa mendapatkan penjelasan tentang berbagai inovasi layanan Polresta SIdoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Diah Natalisa, mengapresiasi Polresta Sidoarjo dalam melakukan proses pelayanan kepada masyarakat.

"Selain telah mengaplikasikan pelayanan secara online, Polresta Sidoarjo kami lihat telah berhasil dan jauh lebih maju terobosannya. Khususnya dalam pelayanan publik," ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Diah Natalisa, saat kunjungan kerja ke Polresta Sidoarjo, Kamis (20/6/2019).

Ada beberapa program yang kini menjadi andalan Polresta Sidoarjo. Tahun 2019 ini, SKCK Online Polresta Sidoarjo yang masuk Top 99 Inovasi Publik, menuju ke Top 40. Selain itu ada juga fasilitas publik, Jenguk Nyaman untuk pengunjung tahanan Polresta Sidoarjo.

Diah Natalisa dalam kesempatan kunker ke Polresta Sidoarjo, juga melihat langsung metode dan mekanisme pengurusan SIM di Satpas SIM Polresta Sidoarjo. "Bagaimana kemudahan masyarakat dalam mengurus SIM, yang tidak seribet dulu telah dilakukan Polresta Sidoarjo. Bahkan calo-calo SIM pun telah bersih," apresiasi Deputi Yanlik Kemenpan RB tersebut.

Selain itu, inovasi layanan publik milik Polresta Sidoarjo yang dikunjunginya adalah ruang SPKT Polresta Sidoarjo. "Ada beberapa inovasi berbasis IT yang kami terapkan. Di antaranya e-SIM, SKCK Online, Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan/Penyidikan (SP2HP), Laporan Pengaduan Online, Laporan Kehilangan Online, Jenguk Nyaman, serta Delta SIAP," terang Wakapolresta Sidoarjo AKBP M. Anggi Naulifar Siregar kepada Deputi Yanlik Kemenpan RB Diah Natalisa.

Menurut Anggi, Polresta Sidoarjo terus berupata maksimal untuk meningkatkan pelayanan publik. "Pelayanan serba digital akan terus kami kembangkan untuk kepuasan masyarakat," tambahnya.

Sementara Kabagren Polresta Sidoarjo Kompol Darti Setiyowati menambahkan adanya layanan publik berbasis IT Polresta Sidoarjo ini, sangat efektif dan efisien bagi masyarakat. Waktu pengurusan lebih cepat, tidak berbelit dan terpenting masyarakat dapat terhindar dari percaloan. Dia mencontohkan misalkan pengurusan SIM, melalui aplikasi e-SIM masyarakat dapat mengisi form registrasi perpanjangan SIM atau SIM baru. (cat/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO