Selasa, 16 Juli 2019 07:59

Kurangi Angka Perceraian, Puluhan Calon Pengantin di Tuban Dapat Bimbingan

Jumat, 14 Juni 2019 18:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Kurangi Angka Perceraian, Puluhan Calon Pengantin di Tuban Dapat Bimbingan
Para calon pengantin foto bersama usai mendapatkan bimbingan pra nikah.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Demi mengurangi angka perceraian, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban memberikan bimbingan perkawinan pra nikah pada puluhan calon pengantin di Masjid Babussalam, Kecamatan Semanding, Jum'at (14/6).

Pada 2019 ini ada sekitar 36 angkatan bimbingan perkawinan di seluruh Kabupaten Tuban. Sedangkan bimbingan yang digelar kali ini merupakan angkatan ke-V yang diikuti sekitar 25 pasang calon pengantin.

Pemateri, Laidia Maryati di hadapan peserta mengajak untuk memaknai status yang melekat pada setiap manusia sebagai hamba Allah yang amanah. Sebab, manusia sebagai khalifah di muka bumi termasuk dalam kehidupan perkawinan dan keluarga. Sedangkan, perkawinan dan keluarga mempunyai tujuan yang sejalan dengan cita-cita jangka panjang ketika menghadap Allah di akhirat kelak.

"Itu semua tertuang dalam tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang suatu perkawinan," papar Laidia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Tuban Sahid menjelaskan, bimbingan ini merupakan program Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada calon pengantin agar mempersiapkan pernikahan secara matang. Sebab, berdasarkan fakta banyak terjadi perceraian di usia perkawinan yang masih muda, karena kurangnya pengetahuan dan persiapan yang matang.

"Jadi penduduk sekitar 3,1 juta jiwa terjadi 3 ribu perceraian di tiap tahunnya. Maka pemerintah mengeluarkan program untuk membiayai kegiatan ini dengan tujuan untuk menekan angka perceraian," bebernya.

Untuk itu, kegiatan ini diharapkan dapat menekan tingginya angka perceraian di Tuban. "Jadi kepada seluruh calon pengantin, bahwa perceraian itu dipengaruhi oleh lima hal. Yaitu cemburu yang berlebihan, faktor ekonomi, adanya krisis akhlak, perselingkuhan, dan campur tangan pihak ketiga," bebernya. (gun/rev) 

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...