Kurangi Angka Perceraian, Puluhan Calon Pengantin di Tuban Dapat Bimbingan

Kurangi Angka Perceraian, Puluhan Calon Pengantin di Tuban Dapat Bimbingan Para calon pengantin foto bersama usai mendapatkan bimbingan pra nikah.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Demi mengurangi angka perceraian, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten memberikan bimbingan perkawinan pra nikah pada puluhan calon pengantin di Masjid Babussalam, Kecamatan Semanding, Jum'at (14/6).

Pada 2019 ini ada sekitar 36 angkatan bimbingan perkawinan di seluruh Kabupaten . Sedangkan bimbingan yang digelar kali ini merupakan angkatan ke-V yang diikuti sekitar 25 pasang calon pengantin.

Pemateri, Laidia Maryati di hadapan peserta mengajak untuk memaknai status yang melekat pada setiap manusia sebagai hamba Allah yang amanah. Sebab, manusia sebagai khalifah di muka bumi termasuk dalam kehidupan perkawinan dan keluarga. Sedangkan, perkawinan dan keluarga mempunyai tujuan yang sejalan dengan cita-cita jangka panjang ketika menghadap Allah di akhirat kelak.

"Itu semua tertuang dalam tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang suatu perkawinan," papar Laidia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Sahid menjelaskan, bimbingan ini merupakan program Kementerian Agama Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada calon pengantin agar mempersiapkan pernikahan secara matang. Sebab, berdasarkan fakta banyak terjadi perceraian di usia perkawinan yang masih muda, karena kurangnya pengetahuan dan persiapan yang matang.

"Jadi penduduk sekitar 3,1 juta jiwa terjadi 3 ribu perceraian di tiap tahunnya. Maka pemerintah mengeluarkan program untuk membiayai kegiatan ini dengan tujuan untuk menekan angka perceraian," bebernya.

Untuk itu, kegiatan ini diharapkan dapat menekan tingginya angka perceraian di . "Jadi kepada seluruh calon pengantin, bahwa perceraian itu dipengaruhi oleh lima hal. Yaitu cemburu yang berlebihan, faktor ekonomi, adanya krisis akhlak, perselingkuhan, dan campur tangan pihak ketiga," bebernya. (gun/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO