65 Peserta Ikuti Festival Balon Udara yang Diselenggarakan Kementerian Perhubungan

65 Peserta Ikuti Festival Balon Udara yang Diselenggarakan Kementerian Perhubungan

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Sudah menjadi agenda rutin tahunan, Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan budaya masyarakat yakni Festival Balon Udara. Acara ini kembali digelar pada Rabu (12/6), bertempat di Lapangan Desa Nongkodono, Kec. Kauman, Kabupaten dengan diikuti 65 peserta dari sejumlah kelompok di wilayah Kabupaten dan Karesidenan Madiun.

Dalam sambutannya, Danlanud Iswahjudi Marsma TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M, mengucapkan banyak terima kasih kepada Dirjen Kementerian Perhubungan Udara yang telah melaksanakan Kegiatan Festival Balon Udara yang ditambatkan dalam rangka penanganan pelepasan balon udara yang tidak bisa dikendalikan dan berpotensi membahayakan Keselamatan Penerbangan.

Acara ini turut dihadiri Kapolres AKBP Radiant. Ia menjelaskan pelaksanaan festival balon udara bertujuan untuk memberikan wadah bagi pecinta balon udara untuk menyalurkan hobinya,  agar nantinya tidak menerbangkan balon udara secara liar. Pasalnya, penerbangan balon udara secara liar dapat mengganggu penerbangan udara baik Domestik, Internasional, maupun Militer.

"Dilaksanakannya festival lomba balon udara yang diselenggarakan di Kab. bertujuan untuk merubah tradisi penerbangan balon udara masyarakat , supaya tradisi penerbangan balon udara ke depan tidak dilakukan kembali oleh warga masyarakat ," terangnya.

Lomba Festival Balon Udara ini juga sekaligus untuk menyosialisasikan penggunaan Balon Udara pada Kegiatan Budaya Masyarakat tahun 2019 yang berpotensi membahayakan Keselamatan Penerbangan.

Adapun Festival Balon Udara tersebut memperlombakan 6 kategori yang masing-masing pemenangnya akan mendapatkan trofi, di antaranya kategori juara terlama, juara terbaik, juara terindah, juara terkompak, juara terunik, dan juara warna warni.

Turut hadir dalam giat tersebut Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya diwakili Kabid Angkutan dan Kelaikan Udara, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim diwakili Pejabat Eselon IV, Komandan Kodim 0802/ diwakili Pasiops 0802/, General Manager Perum LPPNPI (Lembaga Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia) Cabang Surabaya (Airnav), Muskipa Kec. Kauman, Manajer PT PLN Persero Area , Kepala Dinas Perhubungan Kab Djunaedi, Ketua GP Ansor Kab . (nov/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO