Rabu, 19 Juni 2019 16:54

​Menhub dan Pangkoarmada II Sambut Pemudik Gratis dari Balikpapan

Senin, 03 Juni 2019 19:46 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
​Menhub dan Pangkoarmada II Sambut Pemudik Gratis dari Balikpapan
Menhub Budi Karya Sumadi dan Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan pemudik gratis dari Balikpapan, Kaltim. Foto: DEVI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menhub Budi Karya Sumadi dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan pemudik gratis dari Balikpapan, Kaltim, naik KRI Makassar-590 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (3/6).

Kapal yang biasanya mengangkut pasukan dan material tempur amphibi itu, khusus di masa Mudik Lebaran 2019, membawa ratusan pemudik secara gratis. Menhub berterima kasih atas kerja sama TNI AL.

"Saya pikir ini satu kerja yang baik. Bantuan dari TNI AL pasti bermanfaat untuk masyarakat. Kinerja yang bagus ini bisa kita bangun, dan bisa menyelesaikan masalah mudik bagi masyarakat," ujar Budi.

Di sisi lain, Panglima Koarmada II mengatakan, mudik gratis dengan kapal perang ini dilengkapi akomodasi memadai dan cukup nyaman untuk pulang kampung.

"(Para pemudik, red) ditempatkan di ruangan pasukan. Ini khusus kapal perang angkut pasukan dan material tempur amphibi. Di geladak dan ruangan. (Muat) 550 orang laki-laki, 319 perempuan, anak-anak 120, dan TNI/Polri 120 orang," katanya.

Budi berharap, mudik gratis yang banyak digelar berbagai institusi di berbagai tempat mampu mengatasi kebutuhan pemudik. Dia mengatakan, banyak masyarakat yang bahkan tidak bisa mudik selama 19 tahun hingga 30 tahun. Menurutnya, pemerintah perlu hadir dalam momen penting ini.

Di kesempatan yang sama, Emil Dardak mengaku sangat mengapresiasi kegiatan mudik gratis semacam ini. Sebagai pemerintah daerah Jatim, ia senang bisa menyaksikan keluarga, kerabat, sanak saudara, dari warga Jatim bisa berkumpul di momen spesial lebaran 2019.

"Ada dari Lumajang, Madura, Bojonegoro, (perjalanan, red) 2 hari 2 malam, tapi Alhamdullilah, mereka merasa terlayani dengan baik. Tadi ditanya, kalau program ini gak ada, ya gak bisa pulang," pungkasnya.

Ia juga memastikan, para pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak tak perlu kuatir untuk mencari kendaraan menuju kota asal mereka di Jawa Timur. Pasalnya, fasilitas bus gratis juga telah disediakan baik dari Pemprov Jatim maupun dari Pelindo III yang telah bersiaga di pintu kedatangan pelabuhan ini. (dev/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 12 Juni 2019 16:10 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Setelah jalur lintas selatan Jogja dibuka, banyak pantai-pantai yang terbuka aksesnya untuk umum. Sebelumnya, keterbatasan akses membuat banyak pantai cantik ini nyaris tak terjamah oleh manusia. Namun sekarang banya...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Rabu, 19 Juni 2019 14:35 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat ...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...