Senin, 01 Maret 2021 23:44

​Menhub dan Pangkoarmada II Sambut Pemudik Gratis dari Balikpapan

Senin, 03 Juni 2019 19:46 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
​Menhub dan Pangkoarmada II Sambut Pemudik Gratis dari Balikpapan
Menhub Budi Karya Sumadi dan Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan pemudik gratis dari Balikpapan, Kaltim. Foto: DEVI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menhub Budi Karya Sumadi dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan pemudik gratis dari Balikpapan, Kaltim, naik KRI Makassar-590 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (3/6).

Kapal yang biasanya mengangkut pasukan dan material tempur amphibi itu, khusus di masa Mudik Lebaran 2019, membawa ratusan pemudik secara gratis. Menhub berterima kasih atas kerja sama TNI AL.

"Saya pikir ini satu kerja yang baik. Bantuan dari TNI AL pasti bermanfaat untuk masyarakat. Kinerja yang bagus ini bisa kita bangun, dan bisa menyelesaikan masalah mudik bagi masyarakat," ujar Budi.

Di sisi lain, Panglima Koarmada II mengatakan, mudik gratis dengan kapal perang ini dilengkapi akomodasi memadai dan cukup nyaman untuk pulang kampung.

"(Para pemudik, red) ditempatkan di ruangan pasukan. Ini khusus kapal perang angkut pasukan dan material tempur amphibi. Di geladak dan ruangan. (Muat) 550 orang laki-laki, 319 perempuan, anak-anak 120, dan TNI/Polri 120 orang," katanya.

Budi berharap, mudik gratis yang banyak digelar berbagai institusi di berbagai tempat mampu mengatasi kebutuhan pemudik. Dia mengatakan, banyak masyarakat yang bahkan tidak bisa mudik selama 19 tahun hingga 30 tahun. Menurutnya, pemerintah perlu hadir dalam momen penting ini.

Di kesempatan yang sama, Emil Dardak mengaku sangat mengapresiasi kegiatan mudik gratis semacam ini. Sebagai pemerintah daerah Jatim, ia senang bisa menyaksikan keluarga, kerabat, sanak saudara, dari warga Jatim bisa berkumpul di momen spesial lebaran 2019.

"Ada dari Lumajang, Madura, Bojonegoro, (perjalanan, red) 2 hari 2 malam, tapi Alhamdullilah, mereka merasa terlayani dengan baik. Tadi ditanya, kalau program ini gak ada, ya gak bisa pulang," pungkasnya.

Ia juga memastikan, para pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak tak perlu kuatir untuk mencari kendaraan menuju kota asal mereka di Jawa Timur. Pasalnya, fasilitas bus gratis juga telah disediakan baik dari Pemprov Jatim maupun dari Pelindo III yang telah bersiaga di pintu kedatangan pelabuhan ini. (dev/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Dalam tulisan edisi Senin, 1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose, hasil p...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...