Kamis, 09 Juli 2020 22:04

​Menhub dan Pangkoarmada II Sambut Pemudik Gratis dari Balikpapan

Senin, 03 Juni 2019 19:46 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
​Menhub dan Pangkoarmada II Sambut Pemudik Gratis dari Balikpapan
Menhub Budi Karya Sumadi dan Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan pemudik gratis dari Balikpapan, Kaltim. Foto: DEVI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menhub Budi Karya Sumadi dan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Mintoro Yulianto menyambut kedatangan pemudik gratis dari Balikpapan, Kaltim, naik KRI Makassar-590 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (3/6).

Kapal yang biasanya mengangkut pasukan dan material tempur amphibi itu, khusus di masa Mudik Lebaran 2019, membawa ratusan pemudik secara gratis. Menhub berterima kasih atas kerja sama TNI AL.

"Saya pikir ini satu kerja yang baik. Bantuan dari TNI AL pasti bermanfaat untuk masyarakat. Kinerja yang bagus ini bisa kita bangun, dan bisa menyelesaikan masalah mudik bagi masyarakat," ujar Budi.

Di sisi lain, Panglima Koarmada II mengatakan, mudik gratis dengan kapal perang ini dilengkapi akomodasi memadai dan cukup nyaman untuk pulang kampung.

"(Para pemudik, red) ditempatkan di ruangan pasukan. Ini khusus kapal perang angkut pasukan dan material tempur amphibi. Di geladak dan ruangan. (Muat) 550 orang laki-laki, 319 perempuan, anak-anak 120, dan TNI/Polri 120 orang," katanya.

Budi berharap, mudik gratis yang banyak digelar berbagai institusi di berbagai tempat mampu mengatasi kebutuhan pemudik. Dia mengatakan, banyak masyarakat yang bahkan tidak bisa mudik selama 19 tahun hingga 30 tahun. Menurutnya, pemerintah perlu hadir dalam momen penting ini.

Di kesempatan yang sama, Emil Dardak mengaku sangat mengapresiasi kegiatan mudik gratis semacam ini. Sebagai pemerintah daerah Jatim, ia senang bisa menyaksikan keluarga, kerabat, sanak saudara, dari warga Jatim bisa berkumpul di momen spesial lebaran 2019.

"Ada dari Lumajang, Madura, Bojonegoro, (perjalanan, red) 2 hari 2 malam, tapi Alhamdullilah, mereka merasa terlayani dengan baik. Tadi ditanya, kalau program ini gak ada, ya gak bisa pulang," pungkasnya.

Ia juga memastikan, para pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak tak perlu kuatir untuk mencari kendaraan menuju kota asal mereka di Jawa Timur. Pasalnya, fasilitas bus gratis juga telah disediakan baik dari Pemprov Jatim maupun dari Pelindo III yang telah bersiaga di pintu kedatangan pelabuhan ini. (dev/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...