​Madura Siaga 1, Emil Dardak Nekat Hadiri Haul RKH Abdul Hamid bin Itsbat

​Madura Siaga 1, Emil Dardak Nekat Hadiri Haul RKH Abdul Hamid bin Itsbat Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat sowan ke KH. Muhammad Rofii Baidhowi, ulama kharismatik pengasuh Pesantren Al-Hamidy, Banyuanyar, Pamekasan. Foto : istimewa

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto menghadiri haul RKH Abdul Hamid bin Itsbat di Banyuanyar, Pamekasan, Kamis (23/5). Kehadiran wagub termuda ini langsung disambut ribuan hadirin dan para kyai-kyai Madura terutama KH. Muhammad Rofii Baidhowi, ulama kharismatik pengasuh Pesantren Al-Hamidy, Banyuanyar, Pamekasan.

Emil Dardak yang tiap tahun selalu hadir dalam haul RKH. Abdul Hamid bin Itsbat ini hadir tak seperti biasanya, ia hadir tanpa pengawalan sesuai SOP pejabat negara. Ini dikarenakan Emil Dardak memang direkomendasikan oleh Polda Jawa Timur untuk tidak masuk wilayah Madura mengingat kondisi Madura berstatus siaga 1 menyusul terjadi kerusuhan amuk massa di Pamekasan dan Sampang. Karena tetap ngotot dan bersikeras untuk hadir dalam acara haul, akhirnya pihak Polda tidak berani memberikan pengawalan.

"Sebenarnya saya dapat masukan agar tidak masuk wilayah Madura yang berstatus siaga 1. Tapi karena ini undangan kyai sepuh, sebagai seorang santri dan pemimpin Jatim, maka wajib untuk saya hadir dalam haul ini, makanya saya tadi langsung berangkat," katanya di tengah-tengah para kyai.

Duduk bersila, Emil Dardak bersama RKH. Muhammad Rofii Baidhowi terlihat gayeng mengobrol layaknya santri dan kyai. "Mas Emil datang ke sini saya senang sekali," tutur ulama kharismatik itu.

Emil Dardak juga berharap pengembangan pembangunan Madura dapat didukung oleh kiai-kiai dan masyarakat dengan membangunan suasana yang sejuk dan kondusif.

"Suasana yang sangat sejuk kita rasakan insyallah kalau komunikasi semakin baik dan semakin lancar. Saya yakin masyarakat di Madura akan menyampaikan pendapat secara kekeluargaan. Kami meyakini bahwa situasi di Pamekasan akan selalu terjaga kalaupun ada riak riak pasti akan segera berlalu dengan doa kita bersama," tutur sekretaris pembina PW GP Ansor Jatim.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO