Rabu, 21 Agustus 2019 22:09

Posting Ujaran Kebencian di Medsos, Guru Pendukung Paslon 02 ini Ditangkap Polda Jatim saat Mengajar

Minggu, 19 Mei 2019 22:25 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
Posting Ujaran Kebencian di Medsos, Guru Pendukung Paslon 02 ini Ditangkap Polda Jatim saat Mengajar
Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera bersama tersangka (baju batik merah) menunjukkan bukti tangkapan layar unggahan ujaran kebencian tersangka di medsos.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim mengamankan seorang guru honorer Sekolah Dasar (SD) di Pamekasan, Madura, atas kasus ujaran kebencian yang bermuatan SARA. Ia adalah Hairil Anwar (35).

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera S.I.K menyampaikan bahwa ujaran kebencian bermuatan SARA itu diposting tersangka pada media sosial Facebook dengan akun atas nama Putra Kurniawan. 

"Saudara Hairil Anwar yang berprofesi sebagai guru honorer telah memposting konten berisi ujaran kebencian yang bermuatan SARA dan penghinaan terhadap pejabat negara atau penguasa menggunakan media sosial akun facebook atas nama Putra Kurniawan," ujar Barung didampingi AKBP Cecep Susatya Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim di Loby Gedung Ditreskrimsus Mapolda setempat, Minggu (19/ 05).

Saat ditanya awak media, tersangka mengaku menyesal atas perbuatannya. “Saya menyesal,” ucap pria berambut cepak ini lirih.

Hal ini berbeda saat ia belum ditangkap. Pasalnya, melalui postingan di akunnya bernama Putra Kurniawan pada tanggal 27 Maret 2019, pukul 09.31 WIB, ia sempat menantang agar ditangkap.

Lebih lanjut ketika ditanya motif dirinya mengunggah postingan yang memaksanya harus berurusan dengan hukum, diakui Hairil Anwar atas dasar ikut-ikutan.

“Reflek saja, mengingat suhu politik yang sedang memanas,” lanjutnya.

Sedangkan alasan lain dirinya menghina presiden serta lembaga Pemerintah dan Polri, tak lain adalah karena ia memang pendukung paslon Prabowo-Sandi. "Saya pendukung 02," akuinya.

Untuk diketahui, Hairil Anwar ditangkap tim Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim pada hari Sabtu (18/5/2019) kemarin, ketika yang bersangkutan sedang mengajar.

Adapun postingan Hairil Anwar di akun Facebook miliknya, berisi intimidasi Presiden Jokowi yang diikuti dengan kata-kata tak pantas. Serta beberapa komentar miring bernada SARA (Suku Agama Ras dan Adat).

Tak hanya itu, ia juga menulis bahwa Menkopolhukam, Wiranto, bertanggung jawab atas banyaknya petugas KPPS yang meninggal saat pelaksanaan Pemilu 2019 lalu.

Atas perbuatannya, tersangka bakal dijerat dengan UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik Pasal 28 ayat ( 2 ) Jo Pasal 45 A Ayat ( 2 ) dan Pasal 207 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. (ana/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...