Senin, 23 September 2019 14:53

Jelang Pengumuman Pemilu, Kapolresta Sidoarjo Pimpin Razia di Terminal Purabaya

Minggu, 19 Mei 2019 01:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Jelang Pengumuman Pemilu, Kapolresta Sidoarjo Pimpin Razia di Terminal Purabaya

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Guna menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif menjelang pengumuman Hasil Pemilu 2019, Polresta Sidoarjo terus melakukan razia gabungan di titik-titik rawan, salah satunya di Terminal Purabaya Bungurasih Waru. Langkah ini dilakukan juga untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri, Sabtu (18/5/2019).

Razia gabungan tersebut dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap penumpang Bus dan barang bawaannya. Bus yang menjadi fokus pemeriksaan adalah Bus jurusan Jakarta guna mengantisipasi pelaku-pelaku kriminal dan pelaku teror yang akan memanfaatkan momentum pengumuman Hasil Pemilu 2019 oleh KPU pada tanggal 2019.

Razia gabungan di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo dipimpin langsung oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho dan Kasat Brimob Polda Jatim Kombes Pol Ketut Wijatmika.

"Pemeriksaan penumpang bus yang keluar dan masuk di Terminal Purabaya, Bungurasih, ini dalam rangka cipta kondisi menjelang pengumuman hasil pemilu 2019 dan juga menghadapi pengamanan Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri, agar situasi kamtibmas senantiasa aman dan kondusif," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho di lokasi.

Pengecekan penumpang serta barang bawaannya ini juga melibatkan  personel Brimob Polda Jatim, TNI, dan Dinas Perhubungan. Upaya ini sebagai langkah antisipasi terhadap gangguan teroris, yang dikhawatirkan mengganggu kamtibmas menjelang dan saat pengumuman resmi KPU pada 22 Mei 2019.

Karenanya, jelang 22 Mei 2019, pihak keamanan mengimbau masyarakat Sidoarjo untuk tidak berangkat ke Jakarta menyikapi maraknya ajakan aksi 22 Mei 2019. "Kami mengimbau kepada masyarakat agar menunda keberangkatan ke Jakarta. Karena keselamatan diri jauh lebih penting. Karena adanya potensi kegiatan aksi tersebut ditumpangi pelaku teror yang akan mengganggu kamtibmas di kantor KPU pada 22 Mei 2019 nanti," terang Kombespol Zain Dwi Nugroho.

Patroli dan Razia gabungan ini juga dilakukan di beberapa titik-titik rawan dan stasiun kereta api. Polresta Sidoarjo juga menyiagakan personel gabungan 24 jam di posko pemeriksaan penumpang di terminal dan stasiun kereta api.

Hasilnya, hingga Sabtu (18/5/2019) malam belum ada rombongan massa yang akan berangkat ke Jakarta. Jika ada hanya kepentingan pribadi yang bertujuan keberangkatan ke Jakarta.

Imbauan masyarakat di Sidoarjo dan Jatim, agar tidak ikutan aksi 22 Mei 2019 ke Jakarta, sebelumnya juga disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Ia mengajak masyarakat Jatim untuk lebih fokus beribadah, apalagi di Bulan Ramadan.

"Mari kita melakukan ibadah puasa dengan khusyuk di pesantren masing-masing, di rumah masing-masing, di masjid masing-masing. Nggak usah keluar Jatim," pesannya.

Khofifah juga meminta agar masyarakat Jatim bisa menerima hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu dan Pilpres 2019 yang telah dirampungkan di tingkat kabupaten/kota, hingga provinsi.

"Proses yang dilakukan di Jatim, TPS, kecamatan, Kabupaten Kota, semuanya sudah selesai dengan saksi-saksi dari partai, DPD, saksi capres sudah selesai semua," pungkas Gubernur Jatim Khofifah. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Senin, 23 September 2019 13:14 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. Inna ‘ibaadii laysa laka ‘alayhim sulthaanun wakafaa birabbika wakiilaan“Sesungguhnya (terhadap) hamba-hamba-Ku, engkau (Iblis) tidaklah dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai penjaga...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...