Mitra Binaan Pelindo III Ikuti Pameran Inacraft

Mitra Binaan Pelindo III Ikuti Pameran Inacraft

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) / turut berpartisipasi dalam acara 19th Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center dan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Acara rutin tahunan tersebut selalu diminati oleh ribuan peserta dari seluruh pelosok Indonesia, yang terdiri dari UKM kecil hingga menangah dan besar yang memamerkan berbagai produk unggulannya. Beberapa produk tersebut di antaranya kerajinan tangan, batik, kain tenun, perhiasan, hingga aneka olahan makanan ringan dan lainnya.

Setiap tahun tak pernah absen dalam kegiatan Inacraft. Pada kesempatan itu, mengikutsertakan 6 (enam) mitra binaan unggulan dari program kemitraan, di antaranya mitra kerajinan tangan dari kawat Yen Collection dari kota Jombang, Wisma Jaya dari kota Bangkalan yang memamerkan berbagai macam jenis batik tulis khas Madura, Kebaya Adiba dari kota Denpasar yang memamerkan kebaya endek Bali.

Selain itu, Kejaya Handicraft dari kota Banyuwangi memamerkan Handicraft. Hadir juga Hafa Batik dari kota Pekalongan juga memamerkan berbagai jenis batik tulis, perwakilan dari kota Banjarmasin, Sukma Sasirangan yang memamerkan kerajinan kain sasirangan khas Kalimantan.

“Melalui pameran inacraft, diharapkan dapat membuka peluang dan kesempatan bagi Mitra Binaan untuk berinteraksi dengan perajin lain dari dalam dan luar negeri, sekaligus mencari peluang pasar sehingga dapart menembus pasar global,” ujar Wilis Aji, VP Corporate Communication , Sabtu (27/4).

Hingga triwulan satu tahun 2019, sebanyak 1.412 UKM tercatat sebagai mitra binaan yang tersebar di tujuh provinsi. "Jika ada UKM yang tertarik untuk menjadi mitra binaan , bisa melihat persyaratannya di website ," tambah Wilis.

"Alhamdulilah, hari ini dapat pembeli dari Singapura dan memboyong beberapa kain. Kelihatannya mereka senang dengan motifnya dan semoga para pembeli tadi puas dengan kualitas kain kami sehingga bisa menjadi pelanggan setia, tidak hanya saat pameran," ujar Abdul Hanif hakim, pemilik Hafa Batik dan Tenun.

"Besar harapan kami selama pameran dapat menambah pelanggan lokal maupun internasional, dan terima kasih untuk , saya betul-betul merasakan perkembangan usaha setelah menjadi mitra apalagi baru pertama kali ini bisa pameran di ajang bergengsi sekelas Inacraft," tambah Arief.

Adapun keenam peserta yang diboyong untuk pameran di Inacraft adalah mitra yang telah lolos dalam tahap seleksi ketat serta memenuhi persyaratan memiliki karakter kuat di produknya, unik dan mitra yang rajin. "Selain itu juga harus memiliki catatan yang baik, belum pernah diikutsertakan pameran oleh dinas pemerintah setempat, dan angsurannya tidak pernah menunggak," tutup Wilis. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO