Sejumlah Pejabat di Pacitan Ikut Daftar Calon Anggota KPU

Sejumlah Pejabat di Pacitan Ikut Daftar Calon Anggota KPU H. Mahfud, Divisi Hukum KPU Pacitan yang kembali ikut mendaftar sebagai calon anggota KPU masa jabatan 2019-2024. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pejabat lingkup Pemkab dikabarkan ikut mendaftar sebagai calon anggota KPU masa jabatan 2019-2024. Sederet nama pejabat tersebut seperti Suharyanto yang saat ini masih menjabat sebagai Kapala Bakesbangpol. Selain itu, ada nama Rahmad Supriyono yang saat ini masih menjabat sebagai salah satu Kabid di Dinas Kominfo.

Saat dikonfirmasi, Suharyanto membenarkan kalau dirinya memang mendaftar sebagai calon anggota KPU. "Jelang pensiun, kesehatan masih memungkinkan. Itu yang melatari saya ikut mendaftar sebagai calon anggota KPU," katanya, Rabu (24/4).

Selain kondisi kesehatan yang masih bergas, Suharyanto juga mengaku ingin mengabdikan diri di dunia kepemiluan. "Saya terpanggil ikut menjadi penyelenggara pemilu. Ini sebagai wujud pengabdian saya seandainya nanti bisa lolos sebagai anggota KPU," harapnya.

Selain unsur pejabat, dua anggota KPU aktif juga dipastikan mendaftar kembali. Kedua komisioner itu yakni Mahfud dari Divisi Hukum, dan Sulis Setyorini Divisi Teknis.

"Sejak Tahun 2004 saya memang tertarik pada pelaksanaan pemilu di Indonesia," kata Mahfud memberikan alasan kenapa ia kembali ikut mendaftar sebagai calon anggota KPU.

Selain itu, mantan camat ini juga menilai bahwa demokrasi di Indonesia sudah semakin transparan. Salah satunya dengan diterapkannya sistem proporsional terbuka dalam penentuan calon anggota legislatif.

"Di era reformasi ini, berkumpul dan berserikat semakin dijamin Undang-Undang. Itu alasan saya sehingga sangat tertarik untuk terjun lagi sebagai penyelenggara pemilu," jelasnya.

Mahfud berharap siapa pun nanti yang akan lolos sebagai anggota KPU bisa menjaga soliditas, paham aturan, dan melaksanakan tugas seusia aturan yang ada. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO