Pakde Karwo Apresiasi Hitung Cepat Pilpres

Pakde Karwo Apresiasi Hitung Cepat Pilpres Dr. Soekarwo, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim saat memberi keterangan pers di DPD Partai Demokrat Jatim, Jl. Kertajaya, Surabaya. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pelaksanaan Pemilihan Presiden 17 April lalu berlangsung dengan damai dan kondusif. Sejumlah lembaga survei pun merilis hasil perhitungan cepat (Quick Count) yang mereka laksanakan. 

Namun hasil hitung cepat yang sementara diungguli oleh pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin itu diragukan oleh Prabowo-Sandi. Kubu pasangan capres-cawapres nomor urut 02 itu lebih mempercayai hasil hitung cepat internal yang mengunggulkan Prabowo di kisaran 60 persen.

Menanggapi polemik itu, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo ikut angkat bicara. Menurut gubernur Jatim dua periode itu, hasil perhitungan cepat dari berbagai lembaga survei nasional diyakini tak akan jauh beda dengan hasil real count yang akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam pengalaman data empirik selama ini, kata Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo, quick count itu tidak terlalu jauh dengan hasil akhir. Alasannya, metodologi ilmiahnya sudah ada dan sudah berulang kali diuji coba dalam setiap pemilihan langsung.

“Saya mengapreasiasi model-model seperti ini bagus. Saya kira Quick Count ini adalah suatu teknologi dan perpanduan ilmu pengetahuan yang bagus meski keputusan resmi ada di KPU," tutur Pakde Karwo, di Kantor DPD Partai Demokrat Jatim, Kamis (18/4).

Menurut Pakde Karwo, hasil perolehan suara pasangan Jokowi-Ma’ruf di Jatim berdasar hitung cepat lembaga survei pada pemilu 2019 ini cenderung mengalami kenaikan signifikan daripada pemilu 2014 lalu. Sebab hasil itu adalah ungkapan masyarakat Jatim yang dulu masih floating mass atau belum menentukan pilihan, kini sudah menentukan pilihannya karena sudah merasakan manfaat dari kepemimpinan Pak Jokowi.

“Saya kira suara Jokowi di Jawa Timur naik signifikan dibanding Pilpres tahun sebelumnya,” bebernya. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO