Rabu, 21 Agustus 2019 04:31

Larangan Merokok Sambil Naik Motor Belum Berlaku di Sidoarjo

Kamis, 04 April 2019 17:53 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Larangan Merokok Sambil Naik Motor Belum Berlaku di Sidoarjo
Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Aturan tilang untuk pengendara yang merokok belum berlaku di Sidoarjo. Satlantas Polresta Sidoarjo belum memberlakukan itu, sehingga warga masih bebas untuk berkendara sambil merokok.

Larangan merokok sambil berkendara itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

Denda bagi pelanggar aturan ini Rp 750.000 atau kurungan penjara selama tiga bulan. Sejauh ini, baru Polda Metro Jaya yang memberlakukan ketentuan baru tersebut.

"Belum, di Sidoarjo belum diberlakukan aturan itu," cetus Kasatlantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrian Saleh Siregar, Kamis (4/4).

Di Sidoarjo, menurut Fahrian, masih fokus melakukan penindakan tegas terhadap tujuh pelanggaran utama. Yakni pelanggaran yang banyak dilakukan pengendara, padahal sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Tujuh pelanggaran itu antara lain, tidak memakai helm SNI, berkendara melawan jalur, pengendara belum cukup umur, berboncengan lebih dari satu, berkendara sambil main handphone, kecepatan tinggi, dan berkendara dalam keadaan mabuk.

"Kami masih fokus penindakan terhadap tujuh pelanggaran itu. Setiap hari, petugas intens memelototi pengendara di jalan raya dan menindaktegas ketika melihat pelanggaran tersebut," terangnya.

Untuk pelanggaran pengendara merokok, sejuah ini Satlantas Polresta Sidoarjo belum ada rencana ke arah itu. Kordinasi atau petunjuk dari Ditlantas Polda Jatim juga belum ada terkait penanganan atau tindakan terhadap pelanggaran itu.

"Intinya, sejauh belum ada rencana penerapan terhadap aturan itu di Sidoarjo. Kami masih fokus terhadap penindakan tujuh pelanggaran utama tersebut," pungkasnya. (cat/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...