Kepengurusan BEM Ma'had Aly Al Hasaniyyah Resmi Dikukuhkan

Kepengurusan BEM Ma Pengurus BEM Ma'had Aly Al Hasaniyyah Sendang bersama Dosen UI Dr. Muhammad Nasih.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasantri (BEM) Ma'had Aly Al Hasaniyyah Sendang, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban resmi dikukuhkan oleh pengasuh sekaligus Ketua (Mundir) Ma'had Aly Al Hasaniyyah, KH Abdullah Hasyim bertempat di aula Majelis kampus setempat, Sabtu (30/3) kemarin.

Dalam acara pengukuhan tersebut sekaligus digelar kegiatan halaqoh ilmiah yang mengambil tema "Muslim Berkualitas: Ilmu Al Ulama wa Amwaal Al Aghniyah wa Siyasat Al Muluuk". Halaqoh itu mendatangkan Dr. Muhammad Nasih, Dosen Universitas Indonesia dan FISIP UMJ, sekaligus guru utama rumah perkaderan dan tahfidh Alquran Darun Nashihah Monash Institute, Semarang.

Dalam kajian halaqoh ilmiahnya di hadapan mahasiswa dan mahasantri, Dr. Muhammad Nasih memaparkan bagaimana menjadi muslim berkualitas yang didapat melalui tiga cara, yakni ilmu, harta, dan kepemimpinan atau berkuasaan.

"Melalui kapasitas ilmu yang baik mampu menguasai Iptek, maka bisa dikembangkan melalui modal (kekayaan). Sebab, dari keduanya, ilmu dan kekayaan, akan mudah untuk berkuasa. Tiga cara itulah yang perlu diingat," ungkapnya.

Menurutnya, dengan memiliki ilmu, kekayaan, beserta kekuasaan, akan menjadikan seorang muslim berkualitas. Sehingga, Siyasat Al Muluuk bisa dikembangkan untuk membangun dan mengambil kebijakan-kebijakan politik. 

"Kalau ini dijalankan, maka nantinya dapat diwariskan terhadap peradaban beserta generasi muslim yang unggul," paparnya.

Pengukuhan dan halaqoh ilmiah di Ma'had Aly Al Hasaniyyah Senori ini juga diikuti BEM dari berbagai kampus, di antaranya STAI Al Hikmah Singgahani, Stitma Tuban, Ma'had Aly Iqna Utthalibin, Ma'had Aly Balek Kambang, beserta puluhan mahasantri yang menempuh studi di kampus pesantren setempat. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO