Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Satlantas Polresta Sidoarjo Gencar Menilang Warga

Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Satlantas Polresta Sidoarjo Gencar Menilang Warga Salah satu petugas Satlantas Polresta SIdoarjo saat memeriksa seorang pengendara motor roda tiga.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tingginya angka laka lantas di wilayah Sidoarjo menjadi atensi khusus Satlantas . Kini, polisi bakal gencar melakukan tindakan tegas (penilangan) bagi pengendara yang tidak tertib berlalu lintas. Sebanyak 13.050 pengendara sudah ditilang selama bulan Februari.

Nampaknya angka tindak penilangan itu bakal terus bertambah, karena polisi masih akan terus menggencarkan tindakan penilangan. Seperti hari ini, polisi sudah bersiaga memantau sejumlah titik jalan yang rawan pelanggaran lalu lintas. Seperti di Jalan Brigjen Katamso Kecamatan Waru, Jalan dekat Pos Polisi Medaeng, dan sejumlah titik lain di Sidoarjo.

Sasaran utama dalam penindakan itu adalah pelanggaran yang kasat mata seperti tidak memakai helm, atau melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Kasat Lantas Kompol Fahrian Saleh Siregar mengutarakan, gencarnya penindakan tilang dilakukan lantaran masih banyaknya warga yang tidak tertib berlalu-lintas.

Padahal hal tersebut bisa menjadi salah satu sebab banyaknya kejadian laka lantas di Jalan Raya. "Ini untuk menertibkan masyarakat, agar laka lantas menurun," cetusnya.

Fahrian juga menyebutkan, dalam catatanya saja, sebanyak 13.050 surat tilang sudah dilayangkan selama bulan Februari. Angka tersebut meningkat dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 11.250 tilangan.

Masih kata Fahrian, dari 13 ribu tindakan tilang itu masih didominasi pelanggaran tidak memakai helm dan tidak membawa SIM. Dalam kesempatan itu juga, Fahrian mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kembali kesadaran tertib berlalu lintas.

Apalagi bagi para pelajar yang belum cukup umur diharapkan untuk tidak berkendara di jalan raya. "Ini juga harus didukung orang tua," pungkasnya. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO