Sungai Mangetan Kanal Meluap Lagi Genangi Jalan Raya Sukodono

Sungai Mangetan Kanal Meluap Lagi Genangi Jalan Raya Sukodono Tampak air luapan Kali Mangetan Kanal yang menggenangi Jalan Raya Sukodono.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Normalisasi sungai harus dipercepat. Pasalnya, Kamis (14/3) siang tadi Kali Mangetan Kanal di Gedangan kembali meluber. Air tumpah menggenangi badan jalan Raya Sukodono. Tercatat tahun ini sudah dua kali luapan air merendam jalan tersebut.

Dari pengamatan di lapangan, Rabu (13/3) kemarin, volume air sungai Mangetan Kanal terlihat tinggi. Tingginya mencapai bibir plengsengan. Agar tidak meluap ke pemukiman, warga setempat terpaksa menjebol plengsengan, agar air mengalir ke jalan.

Salah satu warga Abdul Hanan menjelaskan, sejak Rabu malam (13/3) ketinggian air di sungai terus naik. Puncaknya saat tengah malam. "Air sudah tumpah ke jalan sempadan sungai," cetusnya.

Warga pun resah. Pasalnya antara sempadan dan pemukiman hanya berjarak 10 meter. Alhasil warga terpaksa mengambil langkah cepat. "Plengsengan dijebol agar air mengalir ke jalan," terangnya.

Hanan mengatakan, volume air di kali Mangetan Kanal memang kerap bertambah. Bulan lalu, air hampir tumpah ke pemukiman warga. "Kami segera lapor ke Kecamatan. Minta pintu air ditutup," jelasnya.

Ada dua faktor penyebab tingginya permukaan air. Pertama karena tingginya curah hujan. Sedangkan penyebab kedua karena sedimentasi dan sampah yang menghambat laju air.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO