Penjualan Layang-layang Binaan Semen Indonesia Tembus Pasar Ekspor

Penjualan Layang-layang Binaan Semen Indonesia Tembus Pasar Ekspor Layang-layang buatan pengrajin binaan Semen Indonesia.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Belum banyak orang yang tahu bahwa di Kabupaten ada pengrajin layang-layang dengan kualitas berskala internasional. Produk layang-layang produk asli anak Bumi Wali ini mampu menembus pasar luar negeri atau ekspor.

Pengrajin mainan tersebut bernama Kartana warga Dusun Ketapang, Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten . Berkat keahlian tangannya, layang-layang yang dihasilkan mampu menembus pasar mancanegara.

Usaha Kecil Menengah (UKM) pembuat layang-layang binaan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik tersebut pernah mengirim layang-layang hingga ke Prancis, Malaysia, Cina, dan kebeberapa negara lainnya.

"Layang-layang buatan saya dikenal oleh orang luar negeri karena saya juga sering mengikuti dan berbagai event lomba layang-layang baik yang digelar di dalam maupun di luar negeri. Dan dalam keikutsertaan itu, saya sering menjadi juara," ungkapnya bangga.

Menurutnya, layang-layang yang diekspor berbentuk naga, tokoh pewayangan seperti Semar, Gatotkaca, Punokawan, dan berbagai bentuk lainnya dengan ukuran layang-layang minimal sepanjang 3 meter dengan teknik not painted. Sehingga, kolaborasi warnanya benar-benar dari kombinasi kain, sebab semua layang-layang dibuat dari bahan kain.

"Kalau yang saya jual keluar ke mancanegara biasanya berdasarkan pesanan. Orangnya minta bentuk apa,  kita layani," ujar pria yang berhasil memperoleh juara pertama pada Festival Layang-layang Sedunia di Johor, Malaysia pada Maret 2018 lalu.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO