Pemkab Lumajang Dapat Penghargaan SAKIP Award Tahun 2018

Pemkab Lumajang Dapat Penghargaan SAKIP Award Tahun 2018 Wakil Bupati Lumajang saat menerima SAKIP Award 2018 dari Menteri PAN-RB RI, Syafruddin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si menerima penghargaan hasil penilaian Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam acara "SAKIP Award 2018," yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (6/2). Hasil penilaian tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB RI, Syafruddin.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyampaikan, SAKIP Kabupaten Lumajang untuk 2018 mengalami peningkatan nilai. Ia meminta agar penghargaan ini dijadikan motivasi ASN dalam bekerja, lebih baik dalam melayani masyarakat. "Ini merupakan motivasi teman-teman aparatur pemerintah agar bekerja lebih giat lagi, lebih baik lagi di dalam melayani masyarakat," ujarnya saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Indah Amperawati yang familiar dipaggil Bunda Indah menjelaskan, salah satu indikator penilaian SAKIP adalah keberlanjutan program Pemerintah Kabupaten/Kota dari tahun ke tahun. "Oleh karena itu, butuh efisiensi dalam perencanaan, penganggaran, dan penggunaan fasilitas sarana dan prasarana pemerintah oleh ASN," katanya. 

Bunda Indah menegaskan, efisiensi akan terus dilakukan berkaitan keuangan daerah, agar bisa lebih hemat dalam penggunaan, sehingga anggaran lebih banyak untuk belanja bagi kepentingan publik. "Tahun ini kita sudah memulai," ungkapnya. 

Menurut Bunda Indah, salah satu penghematan di tahun ini adalah instruksi pelarangan OPD menyelenggarakan kegiatan di luar daerah. Semua kegiatan harus di dilakukan di dalam kota. Dan ini cukup besar penghematannya. Penghematan tersebut dialokasikan untuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah, yang digunakan untuk program SPP gratis maupun program persalinan gratis.

"Ke depan kita akan terus tingkatkan efesiensi penghematan di segala hal untuk operasional aparatur. Kita akan lebih mengedepankan belanja publik yang langsung dirasakan oleh masyarakat," terangnya. 

Bunda Indah berharap agar masyarakat Kabupaten Lumajang memberikan dukungan sehingga bisa membawa Kabupaten Lumajang lebih baik lagi. "Mohon doa kepada masyarakat Lumajang dalam peningkatan kinerja dan revolusi mental aparatur yang akan terus kita lakukan," pungkasnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO