Rabu, 19 Juni 2019 12:49

Hanya Mampu Turunkan NPL 6%, PD BPR Kota Kediri Terancam Bangkrut

Jumat, 01 Februari 2019 16:47 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Arif Kurniawan
Hanya Mampu Turunkan NPL 6%, PD BPR Kota Kediri Terancam Bangkrut
Komisi B saat menggelar rapat dengar pendapat bersama direksi PD BPR Kota Kediri. foto: arif kurniawan/ bangsaonline

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Tingginya Non Perfoming Loan (NPL) di Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Kediri hingga berbagai kalangan menilai sakit yang terlalu parah di sisi keuangan, Komisi B DPRD Kota Kediri akhirnya menggelar rapat dengar penmdapat dengan pihak manajemen PD BPR. Bahkan, kalangan dewan melihat NPL yang cukup tinggi pada PD BPR Kota Kediri, perusahan daerah tersebut terancam bangkrut.

Anggota Komisi B DPRD Kota Kediri Nur Fulaili mengatakan, hearing ini dilakukan untuk mengetahui kinerja PD BPR Kota Kediri. Sehingga wakil rakyat ini mengetahui kondisi PD BPR yang saat ini dinilai semakin buruk.

“Tentunya kita menginginkan PD BPR lebih sehat. Sehingga bagaimana kita ingin mengetahui strategi BPR dalam menangani NPL yang kian naik terus menerus,” ujarnya, Jumat (1/2).

Menurut Nur Fulaili kondisi kredit bermasalah di PD BPR Kota Kediri saat ini sangat banyak. Ia menjelaskan jika banyak nasabah yang belum tertagih namun justru diberikan modal kembali. Bahkan, sampai saat ini manajemen tidak memiliki target dalam memperbaiki kondisi PD BPR Kota Kediri.

“Saat ini tidak ada target yang jelas. Programnya bagus ketika kita undang. Bahkan melakukan pemaparan bagus. Tapi buktinya tidak terealisasi dengan baik. Terbukti NPL nya semakin tinggi. Padahal bank yang sehat itu NPL harus dibawah 5%,” terang Nur Fulaili yang juga menekuni dunia perbankan ini.

Lanjut perempuan dari Fraksi PKS ini, harusnya PD BPR Kota Kediri melakukan terobosan-terobosan yang canggih. Pasalnya, kondisi NPL mencapai 45% tersebut sangat bahaya di dunia perbankan. “Kalau menurut saya ini sudah terancam bangkrut. Penyakitnya sudah akut. Harusnya ada progres seperti target atau tenaga kerja penagihan yang memiliki etos kerja dan tekniknya bagus agar tidak ada penagihan yang nunggak,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur PD BPR Kota Kediri, Sugianto menjelaskan sejauh ini sudah melakukan upaya dalam menurunkan NPL pada PD BPR. Salah satunya seperti upaya kekeluargaan pada tiap nasabah yang memiliki tunggakan piutang sebelum dilakukan lelang.

“Upaya memperbaiki sudah kita lakukan. Dalam dua bulan ini upaya kekeluargaan jika tidak bisa kita capai maka akan kita lakukan lelang jaminan. Ini merupakan langkah terakhir,” ucapnya usai hearing bersama Komisi B DPRD Kota Kediri.

Kendati demikian, Sugianto mengaku tidak bisa serta merta asal asalan melakukan upaya tersebut. Pasalnya, setiap nasabah memiliki karakter berbeda. “Disini kita harus hati-hati sebab ada nasabah yang menggunakan LSM atau LPK,” imbuhnya.

Saat ditanya target turunnya NPL? Sugianto menegaskan pihaknya belum bisa memastikan. Namun, jika melihat program tahun ini, ia memprediksi NPL PD BPR Kota Kediri bisa turun sekitar 6%. “Perkiraannya untuk satu semester ini NPL kita bisa turun menjadi 39%. Sebab menurunkan prosentase NPL ini tidak bisa hanya piutang saja yang turun tapi harus seimbang dengan naiknya pinjaman kredit,” bebernya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tingginya angka rasio kredit bermasalah atau NPL menjadi masalah serius bagi Dewan Pengawas PD BPR Kota Kediri. Untuk melakukan evaluasi, saat ini dewan pengawas PD BPR Kota Kediri masih menunggu hasil audit keseluruhan yang dilakukan Kantor Akuntan Publik (KAP). (rif/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...