Selasa, 14 Juli 2020 16:54

Hanya Mampu Turunkan NPL 6%, PD BPR Kota Kediri Terancam Bangkrut

Jumat, 01 Februari 2019 16:47 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Arif Kurniawan
Hanya Mampu Turunkan NPL 6%, PD BPR Kota Kediri Terancam Bangkrut
Komisi B saat menggelar rapat dengar pendapat bersama direksi PD BPR Kota Kediri. foto: arif kurniawan/ bangsaonline

KEDIRI, BANGSAONLINE.com – Tingginya Non Perfoming Loan (NPL) di Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Kediri hingga berbagai kalangan menilai sakit yang terlalu parah di sisi keuangan, Komisi B DPRD Kota Kediri akhirnya menggelar rapat dengar penmdapat dengan pihak manajemen PD BPR. Bahkan, kalangan dewan melihat NPL yang cukup tinggi pada PD BPR Kota Kediri, perusahan daerah tersebut terancam bangkrut.

Anggota Komisi B DPRD Kota Kediri Nur Fulaili mengatakan, hearing ini dilakukan untuk mengetahui kinerja PD BPR Kota Kediri. Sehingga wakil rakyat ini mengetahui kondisi PD BPR yang saat ini dinilai semakin buruk.

“Tentunya kita menginginkan PD BPR lebih sehat. Sehingga bagaimana kita ingin mengetahui strategi BPR dalam menangani NPL yang kian naik terus menerus,” ujarnya, Jumat (1/2).

Menurut Nur Fulaili kondisi kredit bermasalah di PD BPR Kota Kediri saat ini sangat banyak. Ia menjelaskan jika banyak nasabah yang belum tertagih namun justru diberikan modal kembali. Bahkan, sampai saat ini manajemen tidak memiliki target dalam memperbaiki kondisi PD BPR Kota Kediri.

“Saat ini tidak ada target yang jelas. Programnya bagus ketika kita undang. Bahkan melakukan pemaparan bagus. Tapi buktinya tidak terealisasi dengan baik. Terbukti NPL nya semakin tinggi. Padahal bank yang sehat itu NPL harus dibawah 5%,” terang Nur Fulaili yang juga menekuni dunia perbankan ini.

Lanjut perempuan dari Fraksi PKS ini, harusnya PD BPR Kota Kediri melakukan terobosan-terobosan yang canggih. Pasalnya, kondisi NPL mencapai 45% tersebut sangat bahaya di dunia perbankan. “Kalau menurut saya ini sudah terancam bangkrut. Penyakitnya sudah akut. Harusnya ada progres seperti target atau tenaga kerja penagihan yang memiliki etos kerja dan tekniknya bagus agar tidak ada penagihan yang nunggak,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur PD BPR Kota Kediri, Sugianto menjelaskan sejauh ini sudah melakukan upaya dalam menurunkan NPL pada PD BPR. Salah satunya seperti upaya kekeluargaan pada tiap nasabah yang memiliki tunggakan piutang sebelum dilakukan lelang.

“Upaya memperbaiki sudah kita lakukan. Dalam dua bulan ini upaya kekeluargaan jika tidak bisa kita capai maka akan kita lakukan lelang jaminan. Ini merupakan langkah terakhir,” ucapnya usai hearing bersama Komisi B DPRD Kota Kediri.

Kendati demikian, Sugianto mengaku tidak bisa serta merta asal asalan melakukan upaya tersebut. Pasalnya, setiap nasabah memiliki karakter berbeda. “Disini kita harus hati-hati sebab ada nasabah yang menggunakan LSM atau LPK,” imbuhnya.

Saat ditanya target turunnya NPL? Sugianto menegaskan pihaknya belum bisa memastikan. Namun, jika melihat program tahun ini, ia memprediksi NPL PD BPR Kota Kediri bisa turun sekitar 6%. “Perkiraannya untuk satu semester ini NPL kita bisa turun menjadi 39%. Sebab menurunkan prosentase NPL ini tidak bisa hanya piutang saja yang turun tapi harus seimbang dengan naiknya pinjaman kredit,” bebernya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tingginya angka rasio kredit bermasalah atau NPL menjadi masalah serius bagi Dewan Pengawas PD BPR Kota Kediri. Untuk melakukan evaluasi, saat ini dewan pengawas PD BPR Kota Kediri masih menunggu hasil audit keseluruhan yang dilakukan Kantor Akuntan Publik (KAP). (rif/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...