Ketua DPRD Gresik Turun ke Pasar Baru Respon Keluhan Pedagang

Ketua DPRD Gresik Turun ke Pasar Baru Respon Keluhan Pedagang Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim (dua dari kanan) ketika dialog dengan pedagang Pasar Baru. foto: Syuhud/ bangsaonline.com

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD Ahmad Nurhamim turun ke Pasar Baru menemui para pedagang, Senin (28/1). Kedatangan orang nomor satu di jajaran DPRD ini untuk menindaklanjuti sejumlah keluhan para pedagang. Yakni mulai adanya stan Pasar Bungkus, pengurangan ukuran stan, dan sejumlah keluhan lain.

"Pengaduan pedagang di antaranya adanya stan Pasar Bungkus. Stan yang berada di sekitar Pasar Baru ini tiba-tiba muncul. Ini yang masih kami telusuri siapa yang merekomendasi. Apakah pedagang yang jualan di stan Pasar Bungkus juga membayar retribusi," kata ketua DPD Golkar ini kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (29/1).

Nurhamim juga mengatakan akan menindaklanjuti adanya pemotongan 26 stan pedagang.

Sementara Kepala Diskop UKM dan Perindag Agus Budiono kepada BANGSAONLINE.com, mengaku tidak tahu menahu soal adanya stan Pasar Bungkus. Sebab, stan tersebut tak masuk dalam Pasar Baru dan menjadi wewenangnya.

"Stan Pasar Bungkus itu tak masuk dalam Pasar Baru sehingga bukan menjadi binaan kami," ujarnya, Selasa (29/1). Karena bukan masuk wewenangnya, mereka pun tak ditarik retribusi.

Terkait pengurangan ukuran stan di Pasar Baru, ia menjelaskan bahwa hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan desain pasar yang dibangun Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). "Jadi, bukan pemotongan," katanya.

Ditambahkan Agus, jumlah stan di Pasar Baru yang mencapai 600 lebih itu disesuaikan dengan jumlah pedagang yang terdaftar dan memiliki surat izin menempati (SIM).

"Diskop memberlakukan ketentuan satu pedagang tak diperbolehkan memiliki lebih dari satu SIM atau stan di pasar. Setelah kami selidiki kan akhirnya kami ketahui ada 1 pedagang memiliki lebih dari 5 stan. Ini yang tak boleh," pungkasnya. (hud/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO