Tahun Politik, BPD Diajak Ikut Jaga Kondusivitas

Tahun Politik, BPD Diajak Ikut Jaga Kondusivitas Bupati Fadeli menyalami salah satu anggota BPD usai pelantikan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Lamongan Fadeli memandu pengambilan sumpah 2.872 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Lamongan di Pendopo Lokatantra, Senin (28/1). Prosesi itu akan dilakukan secara bertahap hingga Kamis mendatang.

Asisten Tata Praja Sekdakab Lamongan M. S. Heruwidi menjelaskan pengambilan sumpah BPD tersebut harus segera dilakukan karena ada agenda pemilihan kepala desa (Pilkades) yang sudah menanti.

Disebutkan Heruwidi, pada Mei dan Juni 2019 nanti ada 384 Kades yang mengakhiri masa jabatannya. Sehingga perlu segera membentuk panitia Pilkades oleh BPD baru.

Bupati Fadeli usai memimpin pengambilan sumpah anggota BPD berharap mereka bisa menjadi partner bagi Kades untuk membangun desa.

Dia mencontohkan adanya sejumlah program unggulan di desa yang menunggu untuk disukseskan. Seperti keberadaan Badan Usaha Milik Desa di seluruh desa di Lamongan dan rencana pendirian Warung LA untuk meningkatkan kesejahteraan di desa.

Terkait tahun politik di 2019, Fadeli menaruh harapan agar suasana kondusif tetap terjaga. "Yang paling penting adalah menjaga suasana tetap kondusif. Sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar," pesan dia.

Sementara terkait rencana Pilkades serentak, Bupati Fadeli menyebutkan akan dilaksanakan pada September mendatang. "Saat ini masih terus dimatangkan, untuk rencana pelaksanaan Pilkades serentak yang insya Allah akan dilaksanakan pada bulan September dalam satu tahapan saja," ujarnya.

Kabupaten Lamongan sendiri sudah berpengalaman menggelar Pilkades serentak, namun dilaksanakan dalam beberapa kali tahapan. Pilkades massal dalam satu tahap ini akan menjadi yang pertama bagi Lamongan.

Pengambilan sumpah anggota BPD ini rencananya dilakukan dalam tujuh kali tahapan, selama 4 hari.

Di hari pertama, ada 771 anggota BPD dari tujuh kecamatan yang diambil sumpahnya. Sementara sisanya akan dilaksanakan dalam tahapan selanjutnya pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. (qom/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO