Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih, KPU Tuban Maksimalkan Peran Relawan Demokrasi

Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih, KPU Tuban Maksimalkan Peran Relawan Demokrasi Para relawan demokrasi saat mengikuti Bimtek yang digelar KPU Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menargetkan 80 persen partisipasi masyarakat Bumi Wali untuk memberikan hak pilihnya pada Pemilu serentak 17 April mendatang.

Untuk memenuhi target tersebut, terus memaksimalkan peran dari relawan demokrasi yang baru saja terbentuk. Salah satunya dengan memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para relawan demokrasi tersebut.

"Bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada para relawan terkait kepemiluan. Tugas mereka untuk membatu KPU dalam menyosialisasikan kepada masyarakat," ujar Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggara, Salamun kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (25/1).

Ia mengatakan, relawan yang telah terbentuk tersebut selanjutnya disusun dan dikelompokkan berdasarkan komunitas yang mereka geluti, seperti kelompok perempuan, kelompok milenial, kelompok disabilitas, ataupun komunitas motor, dan semacamnya.

"Ada sebanyak 55 relawan yang akan dibagi sesuai komunitas yang diikutinya. Tiap kelompok akan bergerak di dalam komunitasnya masing-masing. Dengan tersebut diharapkan mampu menyasar masyarakat hingga menyeluruh sampai ke tingkat desa," imbuhnya.

Selain memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keikutsertaan dalam pemilu, adanya relawan tersebut juga diharapkan mampu mendongkrak partisipasi masyarakat.(gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO