Pangkoarmada II Dampingi Kasal Resmikan KRI Semarang-594

Pangkoarmada II Dampingi Kasal Resmikan KRI Semarang-594

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M meresmikan KRI Semarang-594 di galangan kapal PT. PAL Indonesia, Koarmada II Ujung, Surabaya, Senin (21/1).

Awal tahun ini TNI Angkatan Laut menerima alat utama sistem senjata (alutsista) baru buatan anak bangsa, yakni KRI Semarang-594 yang merupakan kapal perang jenis Landing Perform Dock (LPD) buatan PT. PAL Indonesia yang akan memperkuat jajaran armada .

Karenanya, dalam kesempatan bersejarah tersebut, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E.,M.M. memimpin jalannya upacara serah terima, upacara peresmian, dan juga pengukuhan Komandan KRI Semarang-594 yang pertama kali, yakni Letkol Laut (P) Pantun Ujung. M.Tr.Hanla.

Kapal LPD ini memiliki spesifikasi panjang 124.00 meter, lebar 21.80 meter dengan berat 7200 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 16 knots, dengan kecepatan jelajah 14 knots, serta mampu berlayar dengan endurance selama 30 hari.

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) produksi ini dilengkapi dengan dua kapal Landing Craft Utilities (LCU) yang mampu mengangkut delapan unit ranpur jenis Anoa, 28 truck, serta tiga unit helikopter baik itu pada helideck maupun di hanggar kapal, dan mampu mengangkut hingga 650 prajurit. KRI Semarang-594 juga akan diperkuat dengan 121 anak buah kapal dan bergabung dalam Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada I.

Dengan bergabungnya KRI Semarang-594 di jajaran armada , maka menjadi kapal LPD ke-3 yang dimiliki . Dua unit kapal sebelumnya yang difungsikan untuk membantu distribusi militer baik logistik, peralatan dan perlengkapan militer, serta sebagai kapal bantu rumah sakit untuk bantuan bencana alam tersebut adalah KRI Banjarmasin-592, dan KRI Banda Aceh-594.

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO