Banjir Kedungrejo Sidoarjo Meluas, Warga Wage Empat Hari Terendam Air

Banjir Kedungrejo Sidoarjo Meluas, Warga Wage Empat Hari Terendam Air Perumahan Taman Surya Agung yang terendam banjir selama empat hari tak surut. foto: CATUR ANDY/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, HARIAN BANGSA - Sudah tiga hari kawasan Kedungrejo, Sidoarjo terendam banjir. Bukannya surut, genangan air justru semakin meluas. Wilayah Bungurasih Tengah, Bungurasih Barat, serta Bungurasih Timur hingga Jumat (18/1) ikut terdampak genangan.

Di pintu masuk Kedungrejo ditutup plang. Selain itu tampak tiga warga berjaga. Setiap pengendara yang hendak masuk langsung diingatkan. "Ditutup karena banjir," cetus Sholeh salah satu warga.

Genangan air terlihat semakin meluas. Dua hari lalu, hanya bagian tengah jalan yang terendam. Kemarin, banjir sudah mencapai bibir gang. Ketinggian air berkisar 30 cm. "Hanya warga setempat yang diperbolehkan masuk," jelas dia.

Menurut Sholeh, hujan lebat membuat ketinggian air meningkat. Sepanjang jalan Kedungrejo kini terendam air. Dia menjelaskan, pemkab memang sudah memasang pompa air. Sayangnya tidak berfungsi. "Air tidak bisa dibuang karena sungai Buntung penuh,"terang dia .

Pria 49 tahun itu mengatakan, satu-satunya solusi yaitu normalisasi sungai. Menurut dia, sampah dan sedimentasi membuat sungai tidak optimal menampung air.

"Kami minta sungai segera dikeruk," katanya.

Tidak hanya Waru, banjir juga merendam kawasan Wage, Taman. Lokasinya di Perumahan Taman Surya Agung. Sudah empat hari genangan menerjang kawasan tersebut. Sebanyak lima RT terendam banjir. Mulai RT 1 hingga RT 5. Ketinggian genangan berkisar 30 cm. Setiap hari tinggi air bertambah. Jalan terendam. Bahkan banjir masuk hingga menggenangi ke rumah warga.

Salah satu rumah yang terendam yaitu rumah milik Widarto. Siang kemarin, dia bersama anaknya, Amanda berupaya mengeluarkan air dari dalam rumah. Sayangnya, langkah itu sia-sia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO