Sabtu, 24 Agustus 2019 21:44

UPZ Semen Indonesia Raih Penghargaan dari Pemkab Tuban

Jumat, 18 Januari 2019 02:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
UPZ Semen Indonesia Raih Penghargaan dari Pemkab Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Indonesia Pabrik Tuban mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam kategori UPZ Perusahaan teroptimal.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein kepada Wakil Ketua UPZ Semen Indonesia Pabrik Tuban, Siswanto di halaman Kantor Pemkab setempat, Kamis (17/1).

Menurut Siswanto, pada tahun 2018 UPZ Semen Indonesia mampu menghimpun dana sebesar Rp 1,4 miliar ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban. Dana hasil zakat yang disetorkan ke Baznas tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp. 1,3 miliar.

‘’Mudah-mudahan pada tahun 2019 ini dana zakat karyawan Semen Indonesia yang kita kelola semakin bertambah,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut, Siswanto menerangkan bahwa dana yang didapatkan UPZ disetorkan ke Baznas, kemudian dikembalikan sebesar 70 persen untuk dikelola oleh UPZ perusahaan. Dan yang 30 persen dikelola oleh lembaga zakat milik pemerintah itu.

"Sehingga dana yang kita kelola digunakan berbagai macam kegiatan sosial adalah sebesar 70 persen dari dana yang kita setor ke Baznas," ungkapnya.

Pada tahun 2018 yang lalu dana UPZ Semen Indonesia digunakan untuk berbagai kegiatan sosial antara lain bantuan bisyaroh ustad dan ustadzah TPQ sebesar Rp 407.000.000. Selain itu, juga ada bantuan berupa kambing untuk masyarakat miskin produktif (Banmaspro) yang terbagi 6 kelompok dengan bantuan senilai Rp 180.000.000. Ada pula bantuan bedah rumah warga miskin (Bertuah) pada tahun 2018 sebanyak 6 unit rumah.

"Selain bantuan tersebut di atas, UPZ juga digunakan untuk membantu operasi pembuatan anus untuk warga miskin di Kecamatan Kerek, dan masih ada beberapa lagi kegiatan sosial yang kita lakukan," tandasnya.

Sedangkan untuk tahun 2019, Siswanto mengatakan, pengurus UPZ Semen Indonesia masih melakukan rapat dan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT). Diharapkan zakat dari karyawan PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban yang selama ini rutin melakukan zakat setiap bulannya bertambah nominalnya.

"Semoga dana zakat yang kita kelola pada tahun ini dapat naik, sehingga apa yang dapat kita lakukan untuk masyarakat dapat lebih banyak lagi," pungkasnya. (gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...